Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi adalah…

Posted on

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi adalah…

Teratur mengganti pembalut. Ingatlah untuk selalu mengganti pembalut setiap 4 jam. Jika mengalami perdarahan menstruasi relatif banyak, lebih seringlah mengganti pembalut. Pastikan membersihkan vaginadengan air bersih dengan gerakan dari depan ke belakang, kemudian keringkan area tersebut hingga benar-benar kering sebelum memasang pembalutbaru.

Mandi. Mandi teratur dua kali sehari saat menstruasisangat disarankan. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih segar dan jadi lebih bersemangat. Setelah mandi, jangan lupa mengganti celana dalam bersih.

Menyiapkan Cadangan. Menstruasi bisa kamu alami kapan saja, tidak tetap tanggalnya. Atau bisa terjadi sangat sedikit, dan sebaliknya bisa terjadi sangat banyak. Karena kondisi yang cenderung tidak terduga ini, sangat disarankan agar kamu selalu membawa cadangan, untuk mengatasi kondisi darurat.

Mencuci Tangan. Sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum mengganti pembalut selama menstruasi. Hal ini perlu dilakukan agar mencegah perpindahan bakteri yang mungkin ada di tangan ke vagina. Sehingga memperkecil risiko infeksi. Langkah ini perlu dilakukan karena pada saat menstruasi kita sering menyentuh vagina lebih daripada kondisi tidak menstruasi. Selain berkemih dan BAB, kita juga mengganti pembalut. Cuci tangan segera setelah menggunakan toilet adalah hal yang perlu diingat dan selalu dilakukan.

Kebersihan saat menstruasi memang membutuhkan usaha lebih, tetapi hal tersebut sangat bermanfaat. Langkah ini bisa mencegah berbagai infeksi yang tidak diinginkan; selain itu, kita juga jadi lebih nyaman saat berinteraksi dengan orang lain, atau beraktivitas selama menstruasi.