Ceritakan tentang hasil karya sastra yang terkenal di erajaan maja pahit

Posted on

Ceritakan tentang hasil karya sastra yang terkenal di erajaan maja pahit

Pada zaman Majapahit awal, ada beberapa karya sastra yang telah dibuat, seperti Negara Kertagama, Sutasoma, Arjunawiwaha, Kunjarakarna dan juga Parthayajna.

Kitab Negara Kertagama adalah karangan dari Empu Prapanca. Isi kitab ini menceritakan tentang keadaan kota Majapahit. Selain itu, diceritakan juga tentang daerah-daerah yang ditaklukkan Majapahit.

hirolong.tumblr.com

Cerita perjalanan Raja Hayam Wuruk mengunjungi daerah-daerah kekuasaannya juga dituliskan dalam kitab ini. Selain itu, disebutkan adanya upacara Sradda mengenai pemerintahan dan kehidupan keagamaan zaman Majapahait.

Isi kitab ini lebih mirip sumber budaya dibandingkan dengan sumber sejarah politik. Sebab, cerita mengenai raja-raja yang berkuasa hanya dituliskan singkat. Terutama raja-raja Singasari dan Majapahit lengkap dengan tahun.

diskusiwarungkopi.blogspot.com

Kita kedua pada zaman awal Majapahit dikarang oleh Empu Tantular. Kitab ini dikenal sebagai Kitab Sutasoma.

Isi kitab ini menceritakan seorang anak raja yang kemudian memilih menjadi pendeta Buddha. Sang pendeta diceritakan bersedia mengorbankan dirinya untuk kepentingan semua makhluk yang ada dalam kesulitan.

ruanasagita.blogspot.com

Oleh karenanya, banyak orang yang merasa tertolong olehnya.

Kitab ini juga memuat ungkapan “Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrawa”, yang pada masa kini dipakai sebagai motto Negara kita.

akucintanusantaraku.blogspot.com

Kitab selanjutnya dikarang oleh Empu Tantular, yakni Kitab Arjunawiwaha. Menurut kitab ini, tokoh pahlawan bernama Arjuna Sasrabahu berhasil mengalahkan sosok raksasa yang mengganggu keamanan.

Kitab Kunjarakarna menceritakan tentang raksasa Kunjarakarna. Tetapi kitab ini tidak diketahui pengarangnya.

Diceritakan jika raksasa Kunjarakarna ingin menjadi manusia. Karena ketaatannya pada agama, akhirnya keinginan raksasa ini dikabulkan.

Kitab lain yang juga tidak diketahui pengarangnya adalah kitab Parthayajna. Kitab ini berisi kisah Pandawa yang kalah pada permainan dadu dan kemudian mengembara di hutan.