Apa itu asteroid, meteoroid, meteor, meteorit dan astronomi​

Posted on

Apa itu asteroid, meteoroid, meteor, meteorit dan astronomi​

  1. Asteroid kadang disebut planet minor atau planet kerdil. Ini karena asteroid mirip dengan planet, namun lebih kecil. Jika kamu melihat gambar benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet, itu adalah asteroid. Asteroid berupa kumpulan batu kecil yang mengapung di udara.
  2. Meteoroid adalah batu-batuan luar angkasa yang berukuran kecil dan melayang bebas serta bergerak dengan cepat. Rata-rata meteoroid berukuran enggak lebih besar dari asteroid atau sekitar batu kerikil yang ada di Bumi.
  3. meteor dapat dinyatakan sebagai penampakan jalur jatuhnya serpihan benda luar angkasa- yang dinamakan meteorid- ke atmosfer bumi. Penampakan jalur jatuhnya serpihan ini juga yang membuat fenomena langit satu ini, secara lazim disebut oleh masyarakat sebagai bintang jatuh.
  4. Meteorit merupakan meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan bumi.
  5. astronomi sering diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengamatan benda-benda langit, dan mempunyai ruang lingkup bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang atau galaksi. Serta fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer.

Jawaban:

Asteroid

Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil-kecil dan bergerak mengelilingi matahari.

Meteorid

Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul.

Meteor

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh.

Meteorit

Meteorit adalah batu meteor yang berhasil mencapai permukaan Bumi. Disebut juga meteor setelah menembus atmosfer bumi tetapi belum mencapai permukaan bumi.

Astronomi

Astronomi, kadang disebut sebagai ilmu bintang atau ilmu falak, adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda langit serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi.

Penjelasan:

Maaf kalau salah

Semoga membantu