Apa yang di maksud NOAA,GMS,DAS,ASTER,Soyus,Ranger,viking,Luna,dan Venera?

Posted on

Apa yang di maksud NOAA,GMS,DAS,ASTER,Soyus,Ranger,viking,Luna,dan Venera?

Jawaban Terkonfirmasi
  1. NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration): lembaga ilmiah di Amerika Serikat yang bertugas di bidang lautan, perairan, dan atmosfer
  2. GMS (Geostationary Meteorological Satellite): rangkaian satelit cuaca milik Jepang
  3. DAS (Department of Atmospheric Sciences): fakultas yang mempelajari ilmu cuaca dan atmosfer di universitas di Amerika Serikat
  4. ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer): sensor milik Jepang yang mengumpulkan data cuaca dan atmosfer dari satelit Terra
  5. Soyuz: rangkaian pesawat luar angkasa dan roket milik Uni Sovyet (sekarang Rusia)
  6. Ranger: program satelit Amerika Serikat untuk mendapatkan gambar permukaan Bulan
  7. Viking: satelit milik Swedia yang diluncurkan tahun 1986
  8. Luna: wahana antariksa yang diluncurkan Uni Sovyet ke Bulan
  9. Venera: wahana antariksa yang diluncurkan Uni Sovyet ke Venus

Pembahasan:

1. NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration)

NOAA merupakan lembaga ilmiah di Amerika Serikat, yang berada di bawah Departemen Perdagangan. Lemba yang bertugas di bidang lautan, perairan, dan atmosfer. Fungsi NOAA sangat penting untuk mendapatkan data cuaca, arus laut dan badai, yang mempengaruhi berbagai kegiatan seperti pelayaran dan penerbangan. NAA berkantor pusat di Silver Spring, negara bagian Maryland, dan didirikan pada 3 Oktober 1970

2. GMS (Geostationary Meteorological Satellite):  

GMS, juga dinamai Himawari (“bunga matahari” dalam bahasa Jepang) adalah rangkaian satelit cuaca milik Jepang. Satelit ini terdiri dari 9 satelit yang diluncurkan sejak 1977.

Satelit ini dihunakan dalam ramalan cuaca, pelacakan siklon tropis, dan penelitian meteorologi. Sebagian besar badan meteorologi di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru menggunakan satelit ini untuk membantu pemantauan dan perkiraan cuaca mereka sendiri.

3. DAS (Department of Atmospheric Sciences)

Universitas di Amerika Serikat, seperti Universitas Texas A&M, Universitas Illinois dan Universitas Hawaii, memiliki fakultas yang mempelajari ilmu cuaca dan atmosfer dengan nama ini.  

4. ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer)

ASTER merupakan sensor milik Jepang yang mengumpulkan data cuaca dan atmosfer dari satelit Terra, yang diluncurkan tahun 1999 dan mulai bekerja sejak Februari 2000. Sensor ini sangat akurat, mampu memperoleh gambar Bumi dengan resolusi tinggi (15 hingga 90 meter persegi per piksel)

5. Soyuz

Soyus (“persatuan” dalam bahasa Rusia) adalah rangkaian pesawat dan roket luar angkasa milik Uni Sovyet (sekarang Rusia). Satelit pertama dari rangkaian ini diluncurkan pada 28 November 1966. Soyuz dibuat menggantikan program Voskhod dan awalnya digunakan untuk menghantarkan kosmonaut Uni Sovyet ke luar angkasa.

6. Ranger  

Program Ranger adalah serangkaian misi luar angkasa tak berawak oleh Amerika Serikat pada 1960-an yang tujuannya adalah untuk mendapatkan gambar dekat Bulan.  

7. Viking

Viking adalah satelit pertama Swedia yang diluncurkan pada roket Ariane 1 milik Perancis, pada 22 Februari 1986, dan beroperasi hinggapada 12 Mei 1987. Viking digunakan untuk mempelajari proses plasma di magnetosfer dan ionosfer  

8. Luna

Program Luna (“Bulan" dalam bahasa Rusia), adalah serangkaian misi pesawat ruang angkasa yang dikirim ke Bulan oleh Uni Soviet antara tahun 1959 dan 1976. Lima belas peluncuran Luna berhasil, baik sebagai pengorbit atau pendarat. Wahana ini melakukan banyak percobaan, seperti mempelajari komposisi kimiawi, gravitasi, suhu, dan radiasi Bulan.

9. Venera

Program Venera adalah serangkaian penyelidikan luar angkasa yang dikembangkan oleh Uni Soviet antara 1961 dan 1984 untuk mengumpulkan informasi tentang planet Venus. Sebanyak 18 wahana ruang angkasa Venera dikirim, 13 berhasil mentransmisikan data dari atmosfer Venus, dan 10 di antaranya berhasil mencapai permukaan Venus.

Pelajari lebih lanjut perkembangan teknologi ruang angkasa di: brainly.co.id/tugas/8409926

Pelajari lebih lanjut Satelit Palapa milik Indonesia di: brainly.co.id/tugas/15447945

Pelajari lebih lanjut jenis satelit buatan di: brainly.co.id/tugas/22518448

Detail jawaban:    

Kode: 8.6.1  

Kelas: IX  

Mata Pelajaran: Geografi      

Materi: Bab 8 – Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi

Kata Kunci: NOAA, ASTER, Venera, Luna, Viking, Ranger