Tanggapansiswa tentang edmodo​

Posted on

Tanggapansiswa tentang edmodo​

Jawaban:

Indonesia merupakan negara berkembang. Tidak dipungkiri bahwa saat ini kemajuan teknologi bekembang sangat pesat. Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia. Berbagai macam teknologi yang tidak terhitung jumlahnya dapat kita jumpai di zaman yang moderen ini. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular adalah gadgetdengan teknologi yang modern seperti smartphone, ipad, handphone,laptop, tablet dan lain sebagainya. Gadgetadalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus.

Gadgetsudah menjadi suatu kebutuhan pokok di masyarakat pada zaman sekarang. Bahkan di masyarakat menengah ke bawah gadget bukan lagi barang langka, karena pada saat ini gadget dijual dengan harga yang terjangkau dengan ragam yang semakin canggih. Beberapa perusahaan gadgetkini berlomba-lomba untuk mngembangkan produk dengan keunggulan masing-masing. Pada era sekarang ini gadgetseperti handphone telah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, misalnya kamera, mp3, games, internet, sosial media dan masih banyak lainnya. Dalam kelompok usia pengguna, mulai dari orang tua, remaja dan bahkan anak-anak sudah menggunakan alat komunikasi ini. Orang tua pada saat ini banyak yang sudah membelikan gadget pada anaknya yang masih sekolah dasar tanpa memikirkan dampak yang berpengaruh negatif kepada anaknya.

Pemberian gadgetpada anak memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari Gadgetdapat mempermudah komunikasi antara anak dan orangtua. Selain itu gadget dapat menambah wawasaan atau pengetahuan untuk anak dalam belajar. Dari internet anak dapat menambah ilmu pengetahuan dan dapat mendapatkan informasi tentang tugas yang di dapat dari sekolah.

Namun apabila orangtua tidak mengontrol penggunaan gadgetpada anaknya dapat terjadi hal-hal yang tidak baik dan perbuatan yang tidak semestinya di lakukan oleh anak seusia sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan karena anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal baru termasuk dalam menggunakan gadged.Seiring kemajuan teknologi, aplikasi yang ditawarkan dalam gadged semakin bertambah. Terlihat pada perilaku siswa di sekolah bersama teman-temannya yang sering membahas tentang fitur-fitur dalam sosial media, seperti BBM, WhatsApp, Line, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Fitur yang terdapat pada aplikasi WhatsApp misalnya, mereka sering mendiskusikan apakah aplikasi yang mereka miliki sudah diperbaharui atau belum. Bagi mereka yang belum mengetahuinya, pasti akan mencoba untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Mereka akan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk keperluan pribadi maupun kelompok. Salah satu contohnya adalah membuat grup kelas di WhatsApp. Grup yang seharusnya digunakan untuk mendiskusikan tentang pembelajaran, mereka gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.Banyak aplikasi media sosial yang bermanfaat bagi pendidikan. Salah satunya adalah aplikasi Edmodo. Aplikasi tersebut menawarkan kemudahan dalam berdiskusi kelas karena fitur-fitur yang dimiliki dalam aplikasi Edmodo berpengaruh pada proses pembelajaran secara online. Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan oleh semua orang , mulai dari orang tua, guru, maupun siswa karena dapat diakses melalui handphone masing-masing. Melalui aplikasi tersebut, orang tua, guru, maupun siswa dapat bergabung dalam suatu grup kelas yang sama dengan fitur yang berbeda. Dengan begitu, orang tua maupun guru dapat memantau aktivitas belajar siswa secara online dengan mudah.

Berbagai informasi yang berhubungan dengan pembelajaran dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Edmodo. Pada saat di rumah, siswa lebih membuka aplikasi Edmodo untuk mendiskusikan mengenai tugas bersama dengan teman-temannya dibandingkan hanya bermain game atau media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan guru dapat dengan mudah memberikan tugas kepada siswa secara online agar waktu bermainnya banyak digunakan untuk belajar. Selain itu orang tua juga dapat memantau kegiatan belajar anaknya saat di rumah.

Edmodo adalah layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar professional.