1.Berikut ini yang merupakan sifat kimia materi adalah..

Posted on

A. Berkarat
D. Kekerasan
B. Suhu
E. Rasa
C. Titik didih​

1.Berikut ini yang merupakan sifat kimia materi adalah..

Jawaban Terkonfirmasi

Sifat nateri yang merupakan sifat kimia adalah A. Berkarat. Perkaratan berhubungan dengan kereaktifan suatu materi terhadap materi yang lain, sehingga merupakan sifat kimia.

Pembahasan

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Dalam hal ini yang disebut materi adalah sesuatu yang ada wujudnya dan bisa dirasakan oleh panca indera. Contoh materi materi adalah, kayu yang bisa dilihat oleh mata, udara yang bisa dirasakan oleh kulit. Materi bisa berukuran makroskopis, mikroskopis dan sub mikroskopis (dapat terlihat dengan bantuan alat).

Ilmu kimia telah banyak mempelajari tentang materi. Kimia adalah cabang ilmu alam yang mempelajari tentang susunan (komposisi atau struktur) suatu materi, sifat materi, perubahan susunan dan sifat materi serta besarnya energi yang menyertai perubahan materi. Jadi yang menjadi objek ilmu kimia adalah zat atau materi.

Semua bahan yang ada di sekitar alam merupakan contoh materi. Materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Massa menunjukkan jumlah zat dalam suatu objek. Untuk setiap objek, jumlah ini tetap dan tidak tergantung di mana objek tersebut berada. Massa berbeda dengan berat, dimana berat adalah suatu ukuran kekuatan objek dari massanya diketahui yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi. Tidak seperti massa, berat tidak konstan, sangat tergantung di mana objek tersebut berada.

Sifat-sifat Materi

Sifat adalah ciri, identitas atau kekhasan yang dimiliki suatu objek. Sifat materi adalah karakteristik yang dimiliki materi tertentu. Sifat materi digolongkan menjadi sifat instrinsik dan ekstrinsik.

  • Sifat intrinsik. Sifat intrinsik adalah sifat yang menunjukkan kualitas yang bersifat khas dari setiap materi, tidak tergantung pada bentuk dan ukuran materi tersebut. Contoh dari sifat intrinsik adalah rasa, kereaktifan materi terhadap zat lain. Rasa dari gula satu sendok dengan gula satu karung adalah sama, sama sama manis. Besi reaktIf terhadap udara dan uap air, maka paku besi yang berkuran kecil maupun besi balok juga akan sama – sama mudah berkarat. Sifat seperti inilah yang disebut dengan intrinsik.
  • Sifat ekstrinsik. Difat ekstrinsik adalah sifat yang tidak khas dari materi, yaitu tergantung jumlahnya, bentuknya dan juga letaknya. Yang termasuk contoh sifat ekstrinsik adalah ukuran, bentuk, panjang, massa, titik didih, temperatur.

Selain dari sifat intrinsik dan ekstrinsik, suatu materi juga memiliki sifat fisika dan sifat kimia materi.

  • Sifat fisika. Sifat fisika adalah sifat atau karakteristik suatu materi yang dapat membedakan dari materi lain dan tidak melibatkan perubahan apapun ke materi yang lain. Contohnya, titik didih, titik leleh, rapatan, viskositas, kalor jenis, kekerasan. Kualitas dalam kelompok ini dapat diukur dengan mudah dan dapat dinyatakan dengan bilangan. Materi yang disebut dengan air memiliki sifat fisika yang berbeda dibandingkan dengan alkohol. Apabila diukur sifat fisikanya, kedua zat ini akan memberikan hasil pengukuran yang berbeda.
  • Sifat kimia. Sifat kimia adalah sifat yang menunjukkan kualitas yang khas dari suatu materi yang menyebabkan materi tersebut dapat berubah, baik sendirian maupun dengan berinteraksi dengan materi yang lain, dan dengan berubah itu membentuk bahan-bahan berlainan. Sifat kimia termasuk ke dalam sifat instrinsik. Contoh kereaktifan zat, proses perkaratan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang materi brainly.co.id/tugas/521602

2. Materi tentang sifat – sifat materi brainly.co.id/tugas/13038248

3. Materi tentang sifat intrinsik materi brainly.co.id/tugas/5541810

4. Materi tentang sifat ekstrinsik materi brainly.co.id/tugas/1502603

5. Materi tentang sifat fisika dan kimia materi brainly.co.id/tugas/16029420

—————————–

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Kimia

Bab: Pengenalan Ilmu Kimia

Kode: 10.7.1

Kata Kunci: materi, sifat materi, sifat intrinsik, sifat ekstrinsik, sifat fisika, sifat kimia

Jawaban:

D. berkarat

Penjelasan:

besi adalah materi yg dapat berkarat karna sifat kimia