Perhatikan peristiwa berikut ini!

Posted on

1) proklamasi kemerdekaan RI

2) Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu

3) sidang PPKI I memutuskan soekarno-hatta sebagai presiden dan wakil presiden

4) soekarno-hatta dan radjiman wediodiningrat dipanggil ke Dalat, Vietnam

5) Soekarno-hatta dibawa oleh para pemuda ke rengasdengklok

Kronologis yg tepat untuk mendeskripsikan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI adalah

Perhatikan peristiwa berikut ini!

Jawaban:

5) Soekarno-hatta dibawa oleh para pemuda ke rengasdengklok

Penjelasan:

Pembahasan :

Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

keinginan Jepang untuk membentuk Imperium Asia Timur Raya di bawah kepemimpinan kaisar Jepang, mendorong Jepang terlibat dalam perang dunia 2. posisi Jepang di medan tempur terus terdesak lebih-lebih setelah pesawat pembom B29 Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945, dan Nagasaki 9 Agustus 1945. Dengan dibomnya kedua kota tersebut kekuatan Jepang menjadi lumpuh. akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

pada tanggal 14 Agustus 1945 Insinyur Soekarno, Drs Muhammad Hatta dan Radjiman widyodiningrat, dipanggil kembali ke tanah air pada waktu itu juga Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu dan berita dikalahkan tersebut disembunyikan, namun akhirnya tersiar melalui radio domei pada tanggal 15 Agustus 1945. Golongan muda mendengar pidato penyerahan Kaisar hirohito dari radio domei oleh Sultan Syahrir.

Oleh karena itu Sultan Syahrir mendesak kepada soekarno-hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Soekarno Hatta belum dapat menanggapi desakan tersebut.

peristiwa Rengasdengklok

Puncak pertentangan antara golongan muda dan golongan tua dalam peristiwa terjadinya Rengasdengklok pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 1945, sekitar pukul 04 : 00, rombongan para pemuda membawa

Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta menuju Rengasdengklok, turut serta dalam rombongan adalah Ibu Fatmawati istri Bung Karno dan putranya Guntur Soekarno Putra. Rombongan diterima oleh shodanco Singgih, mereka ditempatkan di rumah milik seorang Cina bernama Djiaw kie Sung regasdengklok. mengetahui hal tersebut Ahmad Soebardjo mendesak para pemuda agar mengembalikan Soekarno Hatta ke Jakarta, Ahmad Subarjo memberikan jaminan bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 Bung Karno dan Bung Hatta dapat kembali saat itu juga. Ahmad Subarjo menyatakan jika sampai pukul 12 tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi belum terjadi, nyawanya akan menjadi jaminan. dengan jaminan itu akhirnya Ir. Soekarno dan Bung Hatta beserta rombongan kembali ke Jakarta.

Kesimpulan :

jadi jawabannya 5) Soekarno-hatta dibawa oleh para pemuda ke rengasdengklok

Detail Jawaban :

Kelas : 8 SMP / MTs

Mapel : IPS

Bab : 11

Kata kunci : usaha persiapan kemerdekaan, proklamasi.

Semangat Belajar

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban