Sebutkan prinsip pancasila ke 1 hingga ke 5​

Posted on

Sebutkan prinsip pancasila ke 1 hingga ke 5​

Penjelasan:

Menurut saya pancasila adalah dasar dan jiwanya indonesia karena kelima silanya menjadi contoh bagi rakyat Indonesia.ada lima sila yang pertama ketuhanan yang maha esa maksud dari kata itu tidak pernah memaksakan suatu agama atau kepercayaanya kepada orang lain atau bias di bilang juga bebas menganut agama.

Yang ke dua kemanusiaan yang adil dan beradab artinya tidak semaunya terhadap orang lain dan harus memiliki ke sopanan .kalau yang ke tiga persatuan Indonesia artinya saling bersatu tanpa harus saling bermusuhan kerena bersatunya rakyat Indonesia akan menjadi Negara yang damai dan sentosa.

Yang ke empat kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah ke bijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan artinya rakyat Indonesia harus selalu mengadakan musyawarah mufakat sebelum mengabil keputusan contoh kecilnya seperti pemilihan ketua RT.

Dan yang terakhir keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia artinya adalah rakyat Indonesia harus bersikap adil terlebih lagi para pemimpin seharunya bias bersikap adil seadil-adilnya.