Nenek moyang jerapah bervariasi ada yg berleher panjang ada yang pendek namun sekarang kita hanya menjumpai jerapah berleher panjang saja. manakah penyataan yg benar yg dikemukakan oleh lamarck dan darwin ini

Posted on

a. menurut lamarck melalui seleksi alam maka moyang jerapah yang dulu berleher pendek jadi panjang

b. menurut darwin melalui seleksi alam moyang jerapah yg dulu berleher pendek jadi panjang

c. menurut lamarck melaui adaptasi maka moyang jerapah yang dulu berleher pendek jadi panjang

d. menurut darwin melalui adaptasi moyang jerapah yg dulu bervariasi akhirnya hanya yg berleher panjang yang mampu bertahan hidup

e. menurut darwin melalui seleksi alam maka semua moyang berleher pendek mati sedangkan moyang jerapah berleher panjang bertahan hidup

Nenek moyang jerapah bervariasi ada yg berleher panjang ada yang pendek namun sekarang kita hanya menjumpai jerapah berleher panjang saja. manakah penyataan yg benar yg dikemukakan oleh lamarck dan darwin ini

Jawaban Terkonfirmasi

Peryataan yang benar yang dikemukakan oleh Lamarck dan Darwin adalah E. menurut Darwin melalui seleksi alam maka semua moyang berleher pendek mati sedangkan moyang jerapah berleher panjang bertahan hidup. Darwin dan Lamarck memiliki pro kontra dalam mengemukakan teori evolusi. Pro/kesamaan keduanya adalah evolusi terjadi karena adanya perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang menyebabkan evolusi jerapah adalah perubahan jumlah makanan. Kontra antara keduanya adalah Darwin membantah Lamarck yang mengungkapkan bahwa perkembangan makhluk hidup dipengaruhi lingkungan dan diwariskan pada keturunannya karena Darwin berpendapat species saat ini berasal dari species masa lampau dan dipengaruhi seleksi alam.  

Pembahasan

Evolusi merupakan proses perubahan struktur makhluk hidup yang berlangsung lambat dalam waktu yang sangat lama. Proses ini menyebabkan keanekaragaman makhluk hidup. Evolusi mulanya merupakan dugaan atau hipotesis dari sebagian kecil orang, namun kemudian bayak ahli yang tertantang dan ingin membuktikannya.

Pelajari lebih lanjut tentang kelemahan evolusi di: brainly.co.id/tugas/13734969.

Berikut ini adalah teori evolusi dari beberapa ahli, yaitu:  

1. Jean Baptiste Lamarck

J.B Lamarck dalam buku “Philosophie zoologique” menyatakan 3 hal sebagai inti sarinya yaitu:

  1. Lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri sifat yang diwariskan.
  2. Prinsip “use and diuse” yaitu organ tubuh yang digunakan akan meyesuiakan diri dengan lingkungan. Organ yang tidak digunakan mengalami kemunduran dan menyusut menjadi kecil.
  3. Ciri atau sifat yang didapat dari lingkungan akan diwariskan pada keturunannya.
  • Lamarck mejelaskan tentang evolusi jerapah.  
  • Ia berpendapat bahwa enek moyang jerapah adalah jerapah berleher pendek pemakan daun-daunan di pohon, buka pemakan rumput.
  • Untuk mencapai daun-daun yang tinggi, jerapah leher pendek harus meregangkan dan memanjagkan lehernya sehingga lehernya semakin panjang.
  • Sifat leher panjang diwariskan kepada keturunannya dan proses ini berlanjut hingga sekarang sehingga semua jeraoah yang hidup saat ini adalah berleher panjang.  

Pelajari lebih lanjut tentang adaptasi menurut Lamarck di: brainly.co.id/tugas/13833728.

2. Charles Darwin

Pokok-pokok pemikiran yang melandasi ajaran Darwin mengenai evolusi antara lain:

  1. Tidak ada individu yang identik, selalu ada variasi meskipun dalam satu keturunan  
  2. Setiap populasi cenderung bertambah banyak karena setiap makhluk hidup mampu berkembang biak.
  3. Untuk berkembangbiak diperlukan makanan dan ruang yang cukup.
  4. Pertambahan populasi tidak berlangsung secara terus menerus, tetapi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor pembatas antara lain makanan dan predasi.

Darwin membantah teori Lamarck yang mengungkapkan bahwa perkembangan makhluk hidup menuju ke arah kesempurnaan, dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan diwariskan kepada keturunannya. Dalam bukunya "The Origin of Spesies by means of Natural Selection", Darwin menyatakan dua hal penting sebagai teori evolusi yaitu:

  1. Spesies-spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies nenek moyangnya yang hidup di masa lalu.
  2. Perkembangan spesies dipengaruhi oleh seleksi alam dan variasi antar populasi. Fenomena jerapah dengan leher panjang dijelaskan oleh Darwin dengan melihat dari sudut pandang adanya variasi.  
  • Menurut Darwin, jerapah pada mulanya ada yang berleher panjang dan ada yang berleher pendek.
  • Jerapah yang berleher pendek tidak mampu bertahan hidup karena kalah dalam berkompetisi dengan jerapah berleher panjang untuk memperoleh makanan berupa dedaunan pada pohon yang tinggi.
  • Akibatnya populasi jerapah berleher pendek menjadi punah dan tinggal populasi jerapah berleher panjang yang mampu bertahan hidup di lingkungannya  Dari fenomena ini muncullah gagasan Darwin tentang seleksi alam.  

3. August Weismann

  • Weismann, ahli biologi dari Jerman yang menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh dari lingkungan.
  • Percobaan Weismann: 2 ekor tikus dipotong ekornya kemudian dikawinkan. Setelah diamati, keturunan yang lahir ternyata tetap berekor panjang. Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan sampai 20 generasi.  
  • Weismann menyimpulkan bahwa perubahan sifat yang diperoleh dari lingkungan tidak diwariskan kepada keturunannya.  
  • Pewarisan sifat akan diturunkan kepada generasi berikutnya apabila terjadi perubahan pada tingkat gen yaitu pada sel-sel gamet.

Pelajari lebih lanjut tentang teori evolusi Weismann di: brainly.co.id/tugas/21997004.

Detil jawaban

Kelas: 3 SMA


Mapel:
Biologi

Bab: Evolusi


Kode:
12.4.7