Tidak ada perusahaan lain yang melayani jasa aliran listrik, kecuali PT PLN. Hal tersebut karena…

Posted on

Tidak ada perusahaan lain yang melayani jasa aliran listrik, kecuali PT PLN. Hal tersebut karena…

Jawaban Terkonfirmasi

Tidak ada perusahaan lain yang melayani jasa aliran listrik, kecuali PT PLN. Hal tersebut karena PLN memonopoli semua pasar listrik yang ada di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang dimana aset vital negara dikuasai oleh negara untuk kepentingan bersama, dan PLN merupakan salah satu BUMN yang dimiliki oleh negara.

Pembahasan

Seperti yang kita ketahui, negara kita merupakan negara yang menganut sistem ekonomi campuran, dimana aset-aset vital negara dikuasai dan dikelola oleh negara untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Dalam hal ini, Listrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan, hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan listrik, dan mesin-mesin industri juga hampir semua menggunakan listrik, oleh sebab itu, listrik merupakan suatu industri vital yang harus dikuasai oleh negara untuk kepentingan bersama, dan oleh sebab itu, kita tidak akan bisa menemukan perusahaan lain yang bisa melayani jasa aliran listrik kecuali PLN.

Pasar monopoli adalah pasar yang hanya ada satu produsen atau satu perusahaan yang menguasai seluruh penawaran dan tidak ada perusahaan lain yang dapat ikut bersaing. Sedangkan pasar oligopoli adalah pasar dimana banyak produsen yang memproduksi produk yang sama sehingga persaingan untuk mendapatkan konsumen benar-benar terasa.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang macam-macam pasar persaingan tidak sempurna brainly.co.id/tugas/8856591

2. Materi tentang jenis pasar berdasarkan bentuk dan strukturnya brainly.co.id/tugas/4059901

3. Materi tentang ciri-ciri pasar oligopoli brainly.co.id/tugas/1725877

—————————-

Detil Jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar

Kode : 10.12.3

Kata Kunci : Pasar Monopoli, BUMN, PLN.