Sebutkan ciri ciri perilaku kolektif​

Posted on

Sebutkan ciri ciri perilaku kolektif​

Jawaban:

1. Perilaku yang dilakukan bersama oleh sejumlah orang.

2. Perilaku yang bersifat spontanitas dan tidak terstruktur.

3. Perilaku yang merupakan tanggapan terhadap rangsangan tertentu.

Penjelasan:

itu?

maaf kalo salah

semoga membantu:)

Bentuk dan Ciri Perilaku Kolektif :

1. Kerumunan (Crowds)

Ada beberapa bentuk kerumunan yaitu :

a. Inconvenient aggregation atau kumpulan yang kurang menyenangkan, meupakan kerumunan dari orang-orang yang ingin berusaha menggunakan fasilitas yang sama. Dalam kerumunan ini kehadiran orang-orang yang lain dianggap sebagai suatu kalangan terhadap tercapainya suatu tujuan seseorang dan akan berakibat terjadinya saling bermusuhan.

b. Panic crowds atau kerumunan orang-orang yang sedang dalam keadaan panik. Dorongan individu-individu dalam kerumunan ini cenderung untuk mempertinggi rasa panik, menunjukan suatu tanggapan yang bersifat irasional, dan menyebabkan suatu rintangan yang positif dari bahaya yang umum.

c. Spectator crowds atau kerumunan penonton, merupakan kerumunan dari orang-orang yang ingin melihat suatu kejadian tertentu.

d. Acting mobs, yaitukerumunan yang bertindak secara emosional. Kerumunan ini bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuannya dengan jalan menunjukan kekuatan-kekuatan fisik yang berlawanan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyaraka. Pada umumnya orang-orang bertindak secara emosional karena merasa tidak adanya keadilan.

e. Immoral crowds atau kerumunan-keruman yang bersifat imoral. Tipe ini hampir sama dengan kelompok-kelompok yang bersifat eksporesif, akan tetapi bertentangan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

2. Rumor

Rumor dalah suatu informasi yang tidak dapat dibuktikan, dan dikomunikasikan yang muncul dari satu orang kepada orang lain (isu sosial). Umumnya terjadi pada situasi dimana orang seringkali kekurangan informasi untuk membuat interpretasi yang lebih komprehensif. Media yang digunakan umumnya adalah telepon.

3. Opini Publik

Opini Publik dalah sekelompok orang yang memiliki pendapat beda mengenai sesuatu hal dalam masyarakat. Dalam opini publik ini antara kelompok masyarakat terjadi perbedaan pandangan / perspektif. Konflik bisa sangat potensial terjadi pada masyarakat yang kurang memahami akan masalah yang menjadi interes dalam masayarakat tersebut. Contoh adalah adanya perbedaan pendangan antar masyarakat tentang hukuman mati, pemilu, penetapan undang-undang tertentu, dan sebagainya. Bentuknya biasanya berupa informasi yang beda, namun dalam kenyataannya bisa menjadi stimulator konflik dalam masyarakat.

4. Propaganda

Propaganda adalah informasi atau pandangan yang sengaja digunakan untuk menyampaikan atau membentuk opini publik. Biasanya diberikan oleh sekelompok orang, organisasi, atau masyarakat yang ingin tercapai tujuannya. Media komunikasi banyak digunakan untuk melalukan propaganda ini. Kadangkala juga berupa pertemuan kelompok (crowds).Penampilan dari public figure kadang kala menjadi senjata yang ampuh untuk melakukan proraganda ini.

Penjelasan :

Semoga Membantu :)