Saat berjalan Rasulullah SAW sering membaca surah​

Posted on

Saat berjalan Rasulullah SAW sering membaca surah​

Jawaban:

SURAH AL SAJDAH

Penjelasan:

Kumparan Logo

Berita Hari Ini

NEWS

·

3 Juli 2020 10:33

Surah As Sajdah, Selalu Dibaca Nabi Muhammad di Jumat Pagi dan Malam Hari

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini

Surah As Sajdah, Selalu Dibaca Nabi Muhammad di Jumat Pagi dan Malam Hari

Kitab suci Alquran. Foto: Pixabay

Nabi Muhammad SAW tidak pernah putus memanjatkan doa kepada Allah SWT setiap hari. Salah satunya surah As Sajdah yang selalu beliau baca setiap Jumat pagi dan malam menjelang tidur. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadis yang pertama kali diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

ADVERTISEMENT

Dalam hadis tersebut, Abu Hurairah berkata:

“Nabi Muhammad SAW selalu membaca di pagi hari Jumat Alif Lam Mim Tanzil As Sajdah, dan Hal ata alal insani (Al-Insan / 76: 1).”

Imam Ahmad dari Jabir RA menyebutkan dalam hadis tentang anjuran membaca Surah As Sajdah sebelum tidur. Seperti yang disebutkan dalam buku bertajuk “9 Surat Alquran” dari Mineboks, diriwayatkan dalam hadis Imam Ahmad, Jabir berkata:

“Nabi SAW tidak akan tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil As Sajdah dan Tabarakalladzi biyadihil mulku (Al Mulk / 67: 1)”.

As Sajdah merupakan surah ke-32 dalam Al Quran. Surah As Sajdah memiliki 30 ayat dan turun di kota Mekah, menjadikan surah ini termasuk golongan surah Makkiyah. Dinamakan As Sajdah karena dalam surah ini terdapat ayat Sajdah, yakni pada ayat ke-15.