jelaskan perbedaan antara integrasi sosial,integrasi bangsa,dan integrasi nasional beserta contohnya​

Posted on

jelaskan perbedaan antara integrasi sosial,integrasi bangsa,dan integrasi nasional beserta contohnya​

Pengertian Integrasi Nasional adalah suatu upaya untuk mempersatukan atau menggabungkan berbagai perbedaan pada kelompok budaya atau kelompok sosial di dalam satu wilayah sehingga membentuk suatu kesatuan yang harmonis di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.Contoh:Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1976. Di lokasi TMII tersebut terdapat rumah adat dan aneka macam budaya dari seluruh provinsi Indonesia.
Integrasi bangsa adalah sebuah kesatuan dari berbagai kelompok budaya atau kelompok sosial dalam suatu wilayah. Contoh:Sikap toleransi antarumat beragama, walaupun agama kita berbeda dengan teman,
tetangga atau saudara, kita harus saling menghormati.
*Integrasi sosial* adalah keterkaitan unsur-unsur masyarakat saling berhubungan secara intensif dalam berbagai bidang kehidupan. Artinya, dalam integrasi sosial terjadi pembauran beberapa unsur berbeda sehingga dapat bekerja sama dengan unsur lain.Contoh mengenai integrasi sosial yang dilakukan secara Nasional dan pernah diperbuat oleh Indonesia adalah tentang adanya pemeberontakan pada GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang memiliki tujuan untuk keluar dan memiskan dari NKRI.