Sebutkan upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan ketahanan pangan dibidang pertanian

Posted on

Sebutkan upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan ketahanan pangan dibidang pertanian

Jawaban Terkonfirmasi

Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan ketahanan pangan dibidang pertanian adalah dengan melakukan intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, dan diversifikasi pertanian. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar hasil produksi pertanian mengalami peningkatan sehingga dapat mencukupi kebutuhan pangan setiap penduduk.

Pembahasan

Menurut UU nomor 18 tahun 2012, ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya. Sumber bahan pangan terbagi menjadi dua, yaitu

  1. Sumber bahan pangan nabati, merupakan sumber bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, seperti padi, jagung, sagu, ketela, dan lain sebagainya.
  2. Sumber bahan pangan hewani, merupakan sumber bahan pangan yang berasal dari hewan, seperti sapi, kambing, unggas, ikan, dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut tentang ketahanan pangan di: brainly.co.id/tugas/14746399.

Perlu kamu ketahui bahwa sumber bahan pangan hewani diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  1. Peternakan, terdiri dari peternakan hewan besar (sapi, kuda, kerbau), peternakan hewan kecil (kambing, domba, kelinci), dan peternakan unggas (ayam, bebek, itik).
  2. Perikanan, terdiri dari perikanan air laut (tuna, salmon, kerang), perikanan air tawar (nila, lele, gurame), dan perikanan air payau (bandeng dan udang).

Agar kebutuhan pangan setiap penduduk dapat terpenuhi, maka harus dilakukan upaya-upaya peningkatan hasil pertanian, yaitu sebagai berikut:

  1. Intensifikasi pertanian, merupakan usaha peningkatan mutu dan hasil pertanian dengan melakukan panca usaha tani.
  2. Ekstensifikasi pertanian, merupakan usaha peningkatan hasil pertanian dengan melakukan perluasan lahan pertanian.
  3. Diversifikasi pertanian, merupakan usaha peningkatan hasil pertanian dengan melakukan tumpang sari, yaitu menanam berbagai jenis tanaman dalam satu lahan pada waktu bersamaan.

Pelajari lebih lanjut tentang usaha peningkatan hasil pertanian di: brainly.co.id/tugas/4555174.

Detil jawaban

Kelas: XI

Mapel: Geografi

Bab: Ketahanan Pangan Nasional

Kode: 11.8.4

Kata kunci: ketahanan pangan, intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi