kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas . benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan!

Posted on

kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas . benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan!

Jawaban Terkonfirmasi

Benda-benda yang menerima kalor adalah panci, pegangan panci yang terbuat dari aluminium, tutup panci yang terbuat dari aluminium, air dalam panci, udara di dekat panci, dan logam penyusun kompor gas. Benda-benda tersebut disimpulkan dapat menerima kalor (panas) karena pada benda-benda tersebut terjadi peningkatan suhu.

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!!  

Sekarang kita membahas benda-benda yang yang dapat menghantarkan panas atau konduktor kalor (panas)

Selamat belajar…!!!  

Kompor gas digunakan ketika untuk memanaskan air, tentu api akan mengenai atau menyentuh panci alumunium yang digunakan sebagai tempat atau wadah untuk menampung air. Sehingga air yang terdapat di dalam panci alumunium tersebut tidak secara langsung tersambar atau terkena oleh api.  

Hal ini dikarenakan jika api pada kompor gas mengenai air, maka api akan langsung padam. Oleh sebab itulah untuk memanaskan air digunakan perantara berupa wadah yakni panci yang terbuat dari bahan alumunium. Panci, pegangan panci yang terbuat dari aluminium, tutup panci yang terbuat dari aluminium, air dalam panci, udara di dekat panci, dan logam penyusun kompor gas dapat disimpulkan dapat menerima kalor (panas) karena pada benda-benda tersebut terjadi peningkatan suhu.

Dalam hal ini juga sumber munculnya api yaitu kompor gas bertindak sebagai penghasil kalor (panas). Dari analisa diatas menunjukkan panci alumunium akan terlebih dahulu terkena kalor (panas).

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang mengenai kalor bisa coba cek brainly.co.id/tugas/9971145
  2. Kajian tentang panci aluminium bisa coba cek brainly.co.id/tugas/205606
  3. Kajian tentang  kalor yg dilepaskan bisa coba cek brainly.co.id/tugas/19282407

Detail Jawaban

Kategori: Fisika

Materi: Kalor  

Kelas: VII SMP

Kata kunci : Kalor

Kode: 7.6.6

Kata kunci: Kalor, Panci Alumunium, Kompor Gas

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Jawaban: Wajan,Besi,Sendok garpu dll

Penjelasan: maaf jika salah