apa perbedaan jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi?tulislah masing-masing tiga contoh​

Posted on

apa perbedaan jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi?tulislah masing-masing tiga contoh​

Jawaban Terkonfirmasi

Letak geografis memiliki peran dalam kehidupan bermasyarakat termasuk ke dalam sektor pekerjaan. Berikut perbedaan jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi:

Pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran tinggi:

  • Bekerja sebagai tour guide atau agen wisata seperti membuka tempat wisata, menyajikan tempat penginapan untuk para wisatawan, dan sebagainya.
  • Bekerja sebagai petani merupakan hal yang banyak dilakukan di lingkungan dataran tinggi. Hal ini dikarenakan lingkungan sumber daya alam yang memiliki segudang manfaat dan bisa digunakan. Tanaman yang ditanam pun bermacam-macam seperti bertani padi, bertani jagung, dan bertani sayuran.
  • Bekerja dalam sektor perkebunan. Lingkungan dataran tinggi  biasanya memiliki tanah yang cocok untuk dijadikan berbagai macam jenis perkebunan seperti perkebunan kopi, perkebunan strawberry, perkebunan teh, dan sebagainya.

Sedangkan, pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran rendah yaitu:

  • Di daerah dataran rendah perkotaan dapat bermata pencaharian sebagai peternak, buruh, karyawan, dokter, perawat, sopir, guru, dan lain sebagainya.
  • Bisa juga bekerja di dalam sektor perkebunan dataran rendah dengan tanaman yang bisa tumbuh di perkebunan seperti perkebunan kelapa, perkebunan pisang, perkebunan singkong, dan perkebunan kelapa sawit.
  • Di daerah dataran rendah pantai biasanya  memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk mencari berbagai macam ikan di pantai yang kemudian dijual di pasar merupakan mata pencaharian yang telah dilakukan berabad-abad lamanya.

Pembahasan:

Letak geografis memiliki korelasi dengan kehidupan bermasyarakat.  letak geografis juga menjadi penentu dalam penduduk untuk mencari sumber mata pencahariannya. Oleh karena itu, terbagilah jenis letak geografis yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Letak Geografis brainly.co.id/tugas/11974309
  2. Materi tentang Dataran Tinggi dan Rendah brainly.co.id/tugas/2349186
  3. Materi tentang Mata Pencaharian brainly.co.id/tugas/1207060

Detail Jawaban

Kelas : VIII SMP

Mata Pelajaran : Geografi

Bab : Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia

Kode : 7.8.2

#AyoBelajar #SPJ2

Pekerjaan juga dipengaruhi oleh letak geografis, sehingga terjadi perbedaan pekerjaan pada penduduk yang tinggal di dataran rendah dengan dataran tinggi. Pada daerah dataran tinggi biasa dimanfaatkan untuk lahan pertanian, kehutanan atau perkebunan. Selain itu masyarakat juga memanfaatkannya dalam pengembangan ekonomi kreatif yaitu untuk tempat rekreasi.

Sedangkan pada daerah dataran rendah memiliki pekerjaan yang banyak jenisnya. Dataran rendah memiliki letak geografis yang sangat mendukung berbagai macam mata pencaharian. Mulai dari peternakan, pertanian, perkantoran, perikanan, perdagangan, industri, tenaga pendidik dan lain sebagainya.

Pembahasan

Dataran rendah memiliki ketinggian 200 sampai dengan 300 meter dari permukaan laut. Sedangkan dataran tinggi memiliki ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Menjadi petani merupakan mayoritas pilihan pekerjaan masyarakat di sekitar lereng pegunungan. Potensi alam menjadi modal utama pekerjaan warga setempat.  Pada dataran rendah penduduk memilih pekerjaan sektor industri dan jasa.

Pelajari Lebih Lanjut    

  1. Materi tentang usaha meningkatkan produksi pertanian.
    brainly.co.id/tugas/5484177  
  2. Materi tentang jenis pekerjaan penduduk menurut daerahnya
    brainly.co.id/tugas/6015778  
  3. Materi tentang menghitung jumlah penduduk berdasarkan jenis pekerjaan
    brainly.co.id/tugas/26525360

Detail Jawaban

Kelas  :    7

Mapel :  IPS

Bab     : Bab 1 – Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

Kode   : 7.10.1

#AyoBelajar

#SPJ2