jelaskan yang berkaitan dengan kualitas hidup penduduk dan indeks pembangunan manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya ​

Posted on

jelaskan yang berkaitan dengan kualitas hidup penduduk dan indeks pembangunan manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya ​

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi:

a. Indeks harapan hidup, indeks harapan hidup ini menggambarkan rata-rata umur atau lamanya hidup suatu  penduduk pada wilayah tertentu. Adapun variable yang digunakan dalam indeks iniadalah angka kelahiran dan angka kematian per tahun.  

b. Indeks hidup layak, indeks hidup layak digunakan untuk menggambarkan kemampuan daya beli masyarakat dalam suatu wilyah tertentu.  

c. Indeks pendidikan, indikator yang digunakan untuk perhitungan indeks pendidikan adalah angka melek huruf (LIT) dan rata-rata lama sekolah (MYS). Kedua indikator ini dimunculkan dengan harapan dapat mencerminkan tingkat pengetahuan (cerminan angka LIT), LIT ini untuk mengetahui kemampuan baca tulis suatu penduduk. Sedangkan MYS untuk menggambarkan keterampilan yang dimiliki penduduk.  

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – brainly.co.id/tugas/19672937#readmore