Mengapa sumber daya energi air termasuk dalam kategori energi terbarukan?

Posted on

Mengapa sumber daya energi air termasuk dalam kategori energi terbarukan?

Jawaban Terkonfirmasi

Sumber daya energi air termasuk dalam kategori energi terbarukan karena sumber energi ini dapat diperbaharukan dan tidak akan habis bila digunakan terus menerus, berbeda dengan bahan bakar fosil yang dapat habis.

Misalnya, air yang digunakan sebagai pengegrak generator pada PLTA akan terus diperbarui melalui siklus air.

Pembahasan:

Sumber energi alternatif, atau energi baru dan terbarukan, bersifat dapat diperbaharui, artinya bila digunakan terus tidak akan habis.  

Hal ini berbeda dengan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan gas alam yang akan habis depositnya bila terus digunakan dan ditambang.

Sumber energi terbarukan dapat digunakan menggantikan bahan bakar fosil. Sumber energi alternatif ini misalnya adalah tenaga surya, tenaga angin, tenaga panas bumi dan tenaga air.  

Air digunakan sebagai sumber energi terbarukan dengan membangun PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), berupa bendungan yang dilengkapi generator untuk merubah energi kinetik dari air menjadi energi listrik.

Sumber energi baru dan terbarukan lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan gas bakar berbahaya seperti karbon monoksida (gas beracun bagi manusia), karbon dioksida (gas rumah kaca penyebab pemanasan global) atau sulfur dan nitrogen oksiden (penyebab hujan asam).

——————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:

Energi terbarukan merupakan terobosan baru untuk mengatasi permasalahan berupa…

brainly.co.id/tugas/15771869

Detail Jawaban  

Kelas: XI  

Kode: 11.8.3  

Mata pelajaran: Geografi  

Materi: Bab 3 – Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia  

Kata kunci: Energi Terbarukan