Berikut ini yang termasuk unsur-unsur penting dan perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi, yaitu…

Posted on

a. gerak tubuh, ekspresi, dan artikulasi
b. pelafalan, mimik, dan gerak tubuh
c. intonasi, bentuk tubuh, dan vokal
d. pelafalan, intonasi, dan ekspresi

Berikut ini yang termasuk unsur-unsur penting dan perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi, yaitu…

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini yang termasuk unsur-unsur penting dan perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi, yaitu pelafalan, intonasi, dan ekspresi (D)

Pembahasan:

Dalam pembacaan puisi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pembacaan puisi tersebut bisa dinikmati oleh pendengarnya, yaitu:

  1. Pelafalan: hal ini berkaitan dengan seberapa jelas vokal dan artikulasi yang kita keluarkan dari mulut kita.Bunyi vokal dan konsonan dilafalkan dengan jelas sehingga dapat ditangkap dengan baik oleh pendengar.
  2. Intonasi: Intonasi bekaitan dengan penghayatan terhadap puisi yang dibawakan. Ketika pembaca puisi menghayati puisi yang dibawakannya, suara yang dikeluarkan akan sesuai dengan tekanan (keras lembut), jeda (perhentian), tempo (cepat lambat), dan nada (tinggi rendah) ucapan pada puisi yang dibawakan.
  3. Ekspresi: Ketika penghayatan seseorang sudah benar, maka selanjutnya harus disertai dengan ekspresi yang baik. Aspek-aspek yang termasuk ke dalam unsur ekspresi adalah mimik (gerak-gerik roman muka, termasuk kontak mata) dan gesture (gerak anggota tubuh, termasuk perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain).

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

  • Kelas: 7
  • Mapel: Bahasa Indonesia
  • Bab: Keindahan
  • Kode: 1
  • Kata Kunci: puisi, ekspresi, intonasi, pelafalan

Gambar Jawaban