Pengeluaran hormon dari hipofisis diatur oleh … .

Posted on

Pengeluaran hormon dari hipofisis diatur oleh … .

Pengeluaran hormon dari hipofisis diatur oleh hipotalamus.

Pembahasan:

Secara anatomis, kelenjar hipofisis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian depan (lobus anterior), bagian tengah (lobus intermedia), dan bagian belakang (lobus anterior). Ketiga bagian ini menghasilkan jenis hormon yang berbeda-beda fungsinya. Kerja dari hormon-hormon hipofisis ini diatur oleh rangsangan hormon regulator yang dihasilkan oleh hipotalamus. Bentuk regulasi dari hipotalamus dapat berupa rangsangan untuk memproduksi hormon lebih banyak atau justru mengurangi produksi hormon hipofisis. Berikut ini adalah contoh pasangan hormon hipotalamus dan hormon hipofisis yang diregulasi:  

Thyroid Stimulating Hormone-Releasing Hormone  : berfungsi merangsang keluarnya TSH (Thyoid Stimulating Hormone)

• CRH (Corticotropin Releasing Hormone): berfungsi merangsang keluarnya adrenocorticotropin.

• SRH (Somatotropin Releasing Hormone) yang  merangsang keluarnya somatotropin (Growth Hormone) dan Somatostatin yang bekerja menghambat sekresi somatotropin.

• GnRH (Gonadotropin Releasing Hormone) : berfungsi merangsang produksi  Luteinizing Hormone (LH) dan FSH (Follicle Stimulating Hormone)

• PRH (Prolactin Releasing Hormone) yang berfungsi merangsang keluarnya prolaktin dan PIF (Prolactin Inhibitory Factor) yang justru menghambat sekresi prolaktin  

————————————————————————————————————

Detail Jawaban

Mapel: Biologi

Kelas: XII

Materi: Pertumbuhan dan Perkembangan

Kata Kunci: hormon, hipofisis, hipotalamus

Kode Kategorisasi : 12.4.1