Alat yang di gunakan untuk menggambar fillet yaitu?

Posted on

Alat yang di gunakan untuk menggambar fillet yaitu?

Trekpen
Maaf kalo salah

     Fillet ikan merupakan istilah yang digunakan untuk penyebutan daging ikan yang disayat utuh sepanjang tulang belakang. Atau dalam istilah kuliner fillet ikan dapat diartikan sebagai  teknik mengiris daging atau ayam menjadi lembaran-lembaran tipis. untuk ikan, teknik ini juga digunakan untuk memisahkan daging dari tulang. ; Irisan tipis daging ayam,sapi / ikan ,tanpa tulang (fillet).

Produk fillet banyak digunakan karena produk ini dapat memperpanjang masa simpan, memudahkan dalam pengolahan berikutnya karena sudah bersih atau sudah terpisah dari kulit dan durinya, serta dipercaya dapat meningkatkan kualitas olahan selanjutnya. Sama halnya dengan surimi, fillet ikan merupakan produk olahan intermediet atau produk setengah jadi. Produk fillet ini biasanya akan diolah menjadi produk lainnya, jika kalian sudah membaca postingan sebelumnya, pasti sudah tau bahwa produk fillet ini termasuk dalam bahan pembuatan surimi. Ya, surimi adalah salah satu contoh produk olahan dari fillet ikan.

       Fillet ikan dapat dikatagorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah skin on fillet, skinless fillet, single fillet dan butterfly fillet.  Skin on fillet merupakan jenis fillet yang masih disertai kulitnya. Adapun skinless fillet merupakan jenis fillet yang tidak lagi diikuti dengan kulitnya, dalam artian sudah bebas dari kulit. Berbeda halnya dengan single fillet yang merupakan daging ikan yang disayat sepanjang tulang belakang, jenis fillet ini merupakan jenis fillet yang berasal dari satu sisi tubuh ikan.. Sedangkan butterfly fillet merupakan jenis fillet dengan potongan daging ikan yang merupkan gabungan dari 2 potongan single fillet yang terhubung oleh bagian ikan yang tidak dipotong.

       Jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai produk ikan fillet sangatlah banyak dan bervariasi. Ikan air laut maupun ikan air tawar keduanya sama-sama bisa diolah menjadi produk fillet. Syarat ikan tersebut dapat diolah menjadi produk ikan fillet tidaklah banyak, hanya saja ikan tersebut berukuran sedang dan berbadan bulat maupun pipih. Ikan yang akan digunakan sangat menentukan kualitas akhir produk fillet tersebut. Fillet dengan kualitas baik memiliki cir diantaranya adalah dagingnya yang putih, baunya segar, teksturnya kenyal dan lainnya, kualitas tersebut dapat diuji dengan metode uji organoleptik berdasarkan ciri fisisnya.