Sebutkan bagian bagian mesin bubut dan jelaskan fungsinya

Posted on

Sebutkan bagian bagian mesin bubut dan jelaskan fungsinya

Jawaban Terkonfirmasi

Bagian-Bagian Mesin Bubut :

  • Kepala Lepas(Tailstock) Adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya disebelah kanan mesin dan dipasang diatas bed mesin. Kepala lepas berfungsi sebagai : Tempat pemicu ujung benda kerja yang dibubut, Tempat kedudukan bor pada waktu mengebor, Tempat kedudukan penjepit bor. Kepala lepas dapat bergeser di sepanjang alas mesin. Kepala lepas terdiri atas dua bagian : yaitu alas dan ban,kedua bagian itu di ikat dengan 2 atau 3 baut pengikat dan dapat digerakkan / digeser jika diperlukan apabila kedudukan kedua senter tersebut tidak sepusat atau kedudukan kedua senter tidak harus sepusat misalnya untuk menghasilkan pembubutan yang tirus.
  • Alas / ways / bed. Fungsi utama dari alas / bed pada mesin bubut ada 3 yaitu : Tempat kedudukan kepala lepas, Tempat kedudukan eretan (cariage/support), Tempat kedudukan penyangga diam(stendy prest). Alas yang terbentuk memanjang merupakan tempat tumpuan gaya-gaya pemakanan pahat saat membubut.
  • Eretan (cariage/support) Eretan terdiri dari atas alas,eretan lintang,dan eretan atas.eretan alas adalah eretan yang kedudukannya pada alas mesin. Gerakan eretan itu melalui roda yang dihubungkan roda batang gigi panjang yang dipasang dibawah alas melalui penghantar. Eretan Lintang Letaknya Diatas eretan alas dan kedudukannya melintang terhadap alas .fungsi eretan lintang adalah untuk memberikan tempat pemakanan pahat saat membubut bagian ujung pahat dengan putaran tiap pembagian ukurannya mengatur pemakanan pada bubut. Eretan Atas Letak eretan atas berada diatas eretan lintang dan di ikat oleh baut dengan mur ikat.fungsi eretan atas mesin bubut adalah memegang eretan perkakas bubut dan memberi gerakan yang diperlukan.
  • Chuck Berfungsi sebagai tempat untuk memegang benda kerja.

Pembahasan :

      Mesin bubut adalah  mesin perkakas yang digunakan untuk memutar dan memotong suatu benda. Pembubutan itu sendiri adalah suatu proses pemakanan benda kerja dimana pemotongan dilakukan dengan cara memutar benda kerja dan mengaplikasikannya pada pahat yang menterjemahkan sejajar dengan sumbu putaran benda kerja. Gerak putar benda kerja disebut gerak potong relatif, dan gerak translasi  pahat disebut gerak umpan. Dengan menyesuaikan rasio kecepatan putaran benda kerja dengan kecepatan translasi pahat, dapat diperoleh berbagai jenis ulir dengan rentang ukuran  yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti gigi transmisi yang menghubungkan poros spindel dengan poros berulir.

    Gear pengganti dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan threading. Jumlah gigi pada setiap gear changer bervariasi dari urutan 15 hingga maksimal 127 gigi. Jumlah 127 roda gigi ganti memiliki fitur khusus karena digunakan untuk mengubah ulir metrik ke inci.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : TIK

Bab :  1 – Berbagai Jenis Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kode : 7.11.1

#AyoBelajar #SPJ5