Konsep dasar yg sering di gunakan dalam sosiologi

Posted on

Konsep dasar yg sering di gunakan dalam sosiologi

Konsep dasar yang sering digunakan dalam sosiologi yaitu:
a. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok serta lapisan sosial.
 b. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi, serta yang lainnya. Salah satu proses sosial yang bersifat tersendiri ialah dalam hal terjadinya perubahan-perubahan dalam struktur sosial.
 c. Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup seluruh lapisan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan dalam masyarakat.
 d. Organisasi sosial adalah aspek kerja sama yang mendasar, yang menggerakkan tingkah laku para individu pada tujuan sosial dan ekonomi tertentu.
 e. Institusi sosial adalah suatu sistem yang menunjukkan bahwa peranan sosial dan norma-norma saling berkaitan dan telah disusun guna memuaskan suatu kehendak atau fungsi sosial.

Mata Pelajaran: IPS

Jawaban:
Konsep dasar dalam sosiologi       Konsep ialah kata,atau istilah ilmiah yang menyatakan satu ide atau pikiran umum tentang sifat-sifat suatu benda, peristiwah,gejalah atau istilah yang mengemukakan tentang hubungan antara satu gejalah dan gejalah lainya.Terdapat beberapa istilah ilmiah atau konsep dasar yang sering di gunakan dalam sosiologi,yaitu:a. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur sosial yang pokok yaitu kaidah-kaidah sosial (norma sosial),lembaga-lembaga sosial,kelompok serta lapisan sosial.b.Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama misalnya pengaru timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama,antara segi kehidupan dan segi kehidupan ekonomi.c.Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup seluru lapisan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan masyarakat.d. Organisasi sosial adalah aspek kerja sama yang mendalam yang mengerakkan tingka laku para individu pada tujuan sosial dan ekonomi tertentu.e. nstitusi sosial adalah suatu sistem yang menunjukkan bahwa peranan sosial dan norma-norma saling berkaitan dan telah disusun guna memuaskan suatu kehendak atau fungsi sosial.Berikut ini beberapa pengertian dasar yang dianggap berguna untuk memahami sosiologi adalah sebagai berikut:         a.  Individu              Individu berhubungan dengan orang perorangan atau priobadi,yang               berarti individu bertindak sebagai subjek yang melakukan sesuatu                 hal.,subjek yang memiliki fikiran ,keinginan,kebebasan,dan subjek                 yang mampuk menilai tindakan sendiri dan tindakan orang lain.         b.  Masyarakat              Masyarakat dalam bahasa inggris disebut society,dan dalam                         bahasa latin yaitu socius sedangkan istilah masyarakat dalam                       bahasa arap ,yaitu syakarah yang artinya turut serta,masyarkat                     adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul dan berinteraksi                 secara tetap dan memiliki kepentingan yang sama.        c.   Hubungan individu dan masyarakat              Hubungan antar individu dan masyarakat dapat terjadi antara dua                orang yang bersahabat sehingga akan terjadi hubungan yang lebih                luas lagi seperti antar tetangga,antar individu di berbagai tempat.      d.   Kelompok            Kelompok merupakan himpunan dari beberapa individu yang satu                 sama lain saling berhubungan ,memperhatikan dan menyadari akan            adanya manfaat kebersamaan.      e. Komunitas(community)          Kesatuan hidup manusia yang menempati wilaya tertentu,lasimnya               disebut komuniti,misalnya desa petani dan wilaya”x”,tempat warga                 petani memiliki hubungan dan ikatan yang kuat

SEMOGA BERMANFAAT