Pada gymnospermae fungsi endodermis digantikan oleh?

Posted on

Pada gymnospermae fungsi endodermis digantikan oleh?

Jawaban Terkonfirmasi

Pada gymnospermae fungsi endodermis digantikan oleh jaringan parenkim. Endodermis pada akar umumnya berfungsi untuk menyeleksi zat yang boleh masuk sampai ke jaringan xylem. Endodermis pada batang tumbuhan gymnospermae berfungsi untuk menyimpan tepung atau disebut dengan floeterma.

Pembahasan

Endodermis umumnya ditemui pada akar dan batang tanaman dikotil serta akar tanaman monokotil. Secara umum, endodermis pada akar umumnya berfungsi untuk menyeleksi zat yang boleh masuk sampai ke jaringan xylem. Kemudian endodermis pada batang tumbuhan berfungsi untuk menyimpan air sehingga saat epidermis kekurangan air dapat tercukupi dari simpanan air pada endodermis.

Namun pada batang tanaman gymnospermae, endodermis ini berisi tepung atau dapat kita sebut sebagai sarung tepung atau floeterma. Keberadaan tepung dalam endodermis kemudian mengurangi fungsi penyimpanan air sehingga keadaan epidermis tanaman gymnospermae cenderung lebih kering. Karena keadaan yang kering pada epidermis inilah sehingga dapat kita lihat kulit pohon dari tanaman gymnospermae cenderung kering kemudia epidermisnya pecah sehingga terlihat kasar.

Pada tanaman gymnospermae fungsi endodermis sedikit banyak digantikan oleh jaringan parenkim. Secara umum, jaringan parenkim terdiri atas:

  1. Parenkim asimilasi, yaitu berupa parenkim yang melakukan proses pembuatan zat-zat makanan dengan cara melakukan fotosintesis atau dapat juga disebut dengan jaringan klorenkim.
  2. Parenkim penimbun, yaitu berupa parenkim yang berfungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan, karena memiliki vakuola dengan ukuran yang besar, terletak di bagian empulur batang dan akar, umbi akar rimpang serta biji.  
  3. Parenkim air, yaitu berupa parenkim yang mampu menyimpan air dengan ciri antara lain berdinding sel tipis dan memiliki vakuola yang besar berisi cairan dengan tekstur agak kental dan dapat dijumpai pada tumbuhan epifit dan xerofit misalnya tanaman kaktus dan lidah buaya.
  4. Parenkim udara atau sering disebut dengan aerenkim, yaitu berupa parenkim yang mampu menyimpan udara, karena memilii ruang antar sel yang besar, dapat dijumpai pada alat pengapung tumbuhan air misalnya eceng gondok.
  5. Parenkim pengangkut, yaitu berupa parenkim yang terdapat di sekitar xilem dan floem yang sel-selnya memanjang sesuai arah pengangkutannya.
  6. Parenkim penutup luka, yaitu berupa parenkim yang bersifat meristematik karena dapat melakukan pembelahan diri untuk regenerasi membentuk sel parenkim baru.

Berikut ini merupakan uraian materi singkat mengenai jaringan tumbuhan.

Secara umum dalam tubuh tumbuhan jaringan dibedakan menjadi 2 golongan yaitu jaringan muda dan jaringan dewasa.

Jaringan muda, ciri utamanya yaitu aktif membelah dan belum memiliki fungsi khusus. Contoh jaringan muda yaitu meristem apikal, meristem lateral dan meristem interkalar. Meristem apikal terletak di ujung batang dan ujung akar yang akan terus membelah sehingga batang akan tumbuh ke atas dan akar akan tumbuh ke bawah yang akan menyebabkan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan primer. Meristem lateral terdapat di batang berupa kambium yang akan terus membelah ke 2 arah yaitu ke dalam membentuk xylem sekunder dan membelah keluar membentuk floem sekunder sehingga batang akan tumbuh melebar dan disebut sebagai pertumbuhan sekunder. Meristem interkalar terletak di antara 2 ruas dan akan mengakibatkan batang bertambah panjang.

Jaringan dewasa, ciri utamanya yaitu tidak aktif membelah dan sudah memiliki fungsi khusus.  Contoh jaringan dewasa yaitu jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penguat dan jaringan pengangkut.

  • Jaringan epidermis tersusun atas sel-sel yang kompak dan padat karena disesuaikan dengan fungsinya yaitu sebagai jaringan terluar yang melindungi jaringan di dalamnya.
  • Jaringan pengisi  misalnya yaitu parenkim korteks, parenkim palisade, parenkim spons.
  • Jaringan pengangkut meliputi xylem dan floem.
  • Jaringan penyokong  atau mekanik meliputi sklerenkim dan kolenkim.

Pelajari lebih lanjut

1. materi tentang epidermis : brainly.co.id/tugas/17455581

2. materi tentang jaringan tumbuhan : brainly.co.id/tugas/17971830

3. materi tentang jaringan tumbuhan : brainly.co.id/tugas/18372542

Detil Jawaban

Kelas: VIII

Mapel: biologi

Bab: jaringan tumbuhan

Kode: 8.4.6

Kata kunci: endodermis, gymnospermae