Jelaskan tata aturan yang berlaku pada masa kepemimpinan Muawiyah terkait dengan bidang material!

Posted on

Jelaskan tata aturan yang berlaku pada masa kepemimpinan Muawiyah terkait dengan bidang material!

Sistem pemerintahan yang digunakan dinasti Bani Umayyah adalah sistem pemerintahan monarki heridetis (kerajaan turun temurun).   

Pembahasan: 
Sistem pemerintahan monarki heridetis (kerajaan turun temurun) yang digunakan dinasti Bani Umayyah merupakan pengganti sistem pemerintahan demokrasi atau dengan suara terbanyak yang digunakan pada masa Khulafaur Rasyidin.   

Karena menggunakan sistem pemerintahan monarki heridetis, Muawiyah kemudian mewajibkan seluruh rakyatnya untuk menyatakan sumpah setia terhadap anaknya, Yazid. Sistem pemerintahan monarki tersebut digunakan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan berdasarkan pengaruh sistem monarki yang berlaku di Persia dan Bizantium saat itu.
  

Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan khalifah pertama Dinasti Umayyah. Sebelum menjadi khalifah, Muawiyah menjabat sebagai gubernur di Syiria. Selain mengganti sistem pemerintahan, Muawiyah bin Abu Sufyan juga memindahkan ibukota negaranya dari Madinah ke Damaskus.

 

Masa ke-Khilafahan Bani Umayyah hanya berumur 90 tahun. Kekhalifahan Bani Umayyah dimulai pada pemerintahan Muawiyah I bin Abu Sufyan yang memerintah pada tahun 41 hingga tahun 61 Hijriah atau pada tahun 661 hingga hingga 680 Masehi. Sedangkan khalifah terakhir dari ke-Khilafahan Bani Umayyah adalah Marwan II bin Muhammad, yang memerintah anatara tahun 127 hingga tahun 133 Hijriah atau tahun 744 hingga tahun 750 Masehi.