mengapa kalau kita daftar tentara harus membayar uang adminstrasi…..kan negara membutuh kan tentaral/polisi

Posted on

mengapa kalau kita daftar tentara harus membayar uang adminstrasi…..kan negara membutuh kan tentaral/polisi

Sebetulnya proses penerimaan anggota TNI bagi para pemuda pemudi yang ingin menjadi anggota TNI khususnya TNI AD tidak dipungut biaya sama sekali. Dalam menentukan lulus atau tidaknya seseorang calon prajurit TNI harus melalui tahap seleksi dan tes. Serta berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Seorang peserta seleksi calon Prajurit TNI harus memenuhi syarat dan lulus seluruh tahapan seleksi dari tingkat daerah sampai dengan tingkat pusat. Pengumuman tentang calon yang lulus pun dilakukan secara terbuka.
 

Kepanitiaan seleksi sangat ketat, tak ada intervensi dari pihak manapun. Jika ada orang baik anggota TNI maupun masyarakat sipil (calo) yang mengaku sanggup membantu meluluskan seorang calon prajurit dengan meminta imbalan tertentu, itu adalah oknum yang mencari keuntungan dengan menghembuskan masuk TNI harus bayar ini dan bayar itu dengan dalih jika tidak lulus akan dikembalikan separuh dari biaya yang diminta. Fenomena  yang berkembang saat ini justru masih banyak masyarakat beranggapan untuk menjadi anggota TNI paling tidak menyiapkan dana hingga ratusan juta rupiah. Persepsi yang salah tersebut apabila dibiarkan sangat merugikan institusi TNI.

 Jika ditemukan calo dalam penerimaan calon Prajurit TNI, terlebih yang menjadi calo adalah oknum TNI, akan diberikan sanksi yang tegas karena kejadian ini dapat merusak nama baik dari institusi TNI.  

Untuk itu bila ingin menjadi prajurit TNI sebaiknya mempersiapkan dirinya baik kelengkapan persyaratan yang perlu disiapkan untuk menghadapi seleksi sekaligus jangan mengharapkan bantuan orang lain apalagi membayar untuk masuk menjadi seorang prajurit, adakan  latihan fisik seperti lari, renang, push up, bila perlu tanya kepada prajurit terdekat bagaimana menghadapi tes wawancara, tes psikologi ataupun tes lainnya. Selain itu jika ingin menjadi anggota TNI agar selalu menjaga diri, hindari hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan manfaatkan kesempatan yang ada untuk selalu melatih diri untuk berbuat yang terbaik. Jangan sia-siakan waktu dan gunakan untuk mempersiapkan jauh jauh hari sebelum mendaftar, jadi jangan jauh hari malah mempersiapkan dana untuk bisa lolos.

Karena negara butuh uang juga