Tuliskan jenis jenis zakat​

Posted on

Tuliskan jenis jenis zakat​

Jawaban Terkonfirmasi

Pertanyaan : Tuliskan jenis jenis zakat ?

Jawaban :

  • Zakat Fitrah adalah zakat pribadi seseorang yang harus dikeluarkan pada hari raya Idul Fitri.Baik itu laki-laki,perempuan,anak anak serta orang dewasa.
  • Zakat Mal adalah zakat harta kekayaan yang telah dimiliki oleh sebagian orang,dan harta itu sudah mencapai ketentuan syarat wajib zakat, apakah sudah mencapai nisab atau haul nya.

Pembahasan

Mengeluarkan zakat hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang mempunyai harta menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh hukum Islam jika ada orang yang mengingkari zakat di hukum kafir. Hukum mengeluarkan zakat mal dan zakat fitrah adalah fardhu 'ain

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan untuk membersihkan jiwa setiap muslim laki-laki atau perempuan besar maupun kecil Merdeka ataupun budak. Zakat fitrah mempunyai kedudukan yang sangat penting dengan adanya zakat fitrah jiwa setiap muslim disucikan serta hubungan harmonis antara yang kaya dan yang miskin dapat diciptakan.

Sedangkan zakat mal adalah zakat setiap pribadi muslim yang memiliki kekayaan dan sudah cukup syarat-syaratnya wajib mengeluarkan dan membayar zakat nya untuk diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya. Oleh karena itu seseorang memiliki jumlah harta tertentu kemudian ia diambil sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya maka orang tersebut telah menunaikan atau membayar zakat mal.

Pelajari lebih lanjut

•Mengenai niat zakat

brainly.co.id/tugas/29516994

•Mengenai orang yang berhak menerima zakat

brainly.co.id/tugas/29455739

•Mengenai kapan saat zakat

brainly.co.id/tugas/8424678

Detail jawaban :

Mapel : B.Arab

kelas : 8

Kata kunci : Zakat ,Niat Zakat

Kode kategorisasi : 8.14.8