Fungsi mulut ,fungsi kerongkongan,fungsi lambung , fungsi usus halus dan fungsi usus besar

Posted on

Tolong ya besok di kumpulin……..​

Fungsi mulut ,fungsi kerongkongan,fungsi lambung , fungsi usus halus dan fungsi usus besar

Jawaban:

.

.

.

1.Fungsi Mulut

Fungsi mulut dalam Proses pencernaan manusia ada dua yaitu fungsi kinetik yaitu mengunyah makanan dan fungsi kimiawi yaitu mengeluarkan enzim amilase yang berfungsi untuk memecah karbohidrat menjadi zat gula (glukosa)

2.Fungsi Kerongkongan

Kerongkongan menghubungkan mulut dengan lambung. Di kerongkongan terjadi gerak peristaltis yaitu gerak dorong men dorong

3.Fungsi Lambung

1.Tempat penyimpanan makanan sementara, setidaknya selama dua jam atau lebih sebelum disalurkan keorgan pencernaan selanjutnya

2.Memecah dan mengaduk-aduk makanan lewat gerak peristaltik yang dipicu oleh kerja lapisan otot lambung

3.Mencerna dan menghancurkan makanan dengan bantuan enzim lambung, Terdapat beberapa jenis enzim protase, yaitu pepsin (enzim pencernaan utama di lambung), tripsin, dan kimotripsin. Lipase adalah enzim yang memiliki tugas memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol). Organ tubuh yang berperan dalam menghasilkan enzim ini adalah pankreas dan lambung.

4.Fungsi Usus Halus

Proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam makanan dan minuman merupakan bagian dari fungsi usus halus. Makanan yang Anda konsumsi menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Tapi sebelumnya, makanan tersebut harus dicerna menjadi zat yang cukup kecil agar dapat diserap.

5.Fungsi Usus Besar

Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari feses. Pada mamalia, kolon terdiri dari kolon menanjak (ascending), kolon melintang (transverse), kolon menurun (descending), kolon sigmoid, dan rektum.

Jawaban:

semoga bantuuuuuuuuuuu