Tolong di ringkas y yg bisa saya ksh poit banyak

Posted on

Tolong di ringkas y yg bisa saya ksh poit banyak

Tolong di ringkas y yg bisa saya ksh poit banyak

3. Pengaruh Islam Terhadap Masyarakat di Indonesia

Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia telah membawa perubahan dalam bidang-bidang berikut ini:
a. Bidang politik
Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang sebelumnya telah ada kemudian mengalami kemunduran dan digantikan oleh kesultanan Islam. Dalam kesultanan Islam, nilai-nilai Islam menjadi dasar dalam pengendalian kekuasaan.
b. Bidang sosial
Setelah Islam masuk ke Indonesia, sistem kasta pada masa Hindu-Buddha menjadi pudar karena Islam tidak menerapkan sistem kasta. Meskipun demikian, pada masa Islam masih terdapat penggolongan kelompok masyarakat, misalnya di Jawa.
c. Bidang agama
Pada masa Islam, sebagian besar masyarakat di Indonesia menganut agama Islam meskipun masih terdapat masyarakat yang menganut kepercayaan lain. Hingga sekarang ini, sebagian masyarakat di Indonesia menganut agama Islam.

Maaf kalau kepanjangan ngerangkumnya 🙂 semoga bermanfaat 🙂

Masuknya pengaruh islam di indonesia telah membawa perubahan aspek di Indonesia,di dalam bidang:
1.Politik=sebelum msk nya islam di indonesia,sudah berkembang kerajaan hindu-budha,kemudian mengalami kemunduran dan akhirnya digantikan perannya olh raja islam.
2.sosial=pada masa hindu-budha terjadi pembedaan yg tegas antar kelompok(sistem kasta).Sistem kasta akhirnya telah pudar karena adanya ajaran islam.Meskipun trdpt golongan klmpk masyarakan misalnya,ulama diberi nama kyai.
3.agama=sebagian besar masyarakat Indonesia menganut agama islam, meskipun ada sebagian yg beragama Hindu,Budha/ menganut kepercayaan roh halus.Tetapi kebanyakan masyarakat Indoneaia menganut agama Islam.