Perbedaan kelompok asosiasi,kelompok statistik,kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan

Posted on

Perbedaan kelompok asosiasi,kelompok statistik,kelompok sosial, kelompok kemasyarakatan

Jawaban Terkonfirmasi

Ada berbagai jenis kelompok masyarakat yang ada dalam ilmu sosiologi. Pada kelompok kemasyarakatan, kelompok sosial, kelompok statistik, dan juga kelompok asosiasi, berikut adalah beberapa bentuk dari perbedaan yang bisa ditemukan:

  • Kelompok asosiasi: jenis kelompok di mana anggota masyarakatnya terikat dengan adanya organisasi formal dan memiliki tujuan yang jelas. Anggota yang ada pada kelompok asosiasi terbentuk dengan dasar sukarela dan memiliki kesadaran akan adanya kepentingan pada masing-masing anggota tersebut.
  • Kelompok sosial: jenis kelomopk di mana anggotanya memiliki kesadaran akan kesamaan jenis namun tidak adanya organisasi formal yang mengikat keanggotaan pada kelompok sosial. Anggota yang ada pada kelompok sosial juga memiliki hubungan sosial satu sama lain.
  • Kelompok statistik: jenis kelompok di mana anggotanya tidak memiliki kesadaran akan kesamaan kepentingan, tidak diikat oleh organisasi formal, dan juga tidak ada hubungan sosial yang mengikat antara anggota tersebut.
  • Kelompok kemasyarakatan: jenis kelompok di mana anggota kelompok memiliki kesadaran akan adanya kesamaan jenis. Namun, tidak adanya hubungan sosial dan juga organisasi formal yang mengikat setiap anggota dari kelompok tersebut.

Pembahasan

Teori mengenai keempat kelompok sosial tersebut dikemukakan oleh Robert Bierstedt pada tahun 1948. Pada dasarnya, keempat kelompok tersebut bisa dibedakan berdasarkan kesamaan jenis, organisasi formal, dan hubungan sosial. Kelompok asosiasi adalah jenis kelompok yang memiliki ketiga jenis syarat tersebut, kelompok sosial hanya memiliki dua, kelompok kemasyarakatan memiliki satu syarat, dan kelompok statistik tidak memiliki syarat apapun.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang jenis kelompok sosial brainly.co.id/tugas/5866503
  2. Materi tentang contoh kelompok sosial brainly.co.id/tugas/30747127
  3. Materi tentang kelompok sosial teratur dan tidak teratur brainly.co.id/tugas/31491849

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 5 – Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural 

Kode: 11.20.5

#AyoBelajar #SPJ2