Analisis Data:

Posted on

1. Sebutkan bagian yang terdapat pada sel hewan maupun tumbuhan!
Jawab:
2. Apakah perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan?
Jawab:
3. Berikan kesimpulanmu!
jawab:
mohon di jawab ya​

Analisis Data:

Jawaban:

1.Bagian Sel

Membran sel. Bagian terluar yang melapisi sel disebut membran sel. …

Dinding sel. Lapisan terluar yang melapisi sel tanaman disebut dinding sel yang terbuat dari selulosa. …

Sentrosom. Sentrosom merupakan bagian dari sel hewan. …

Kloroplas. …

Kromoplas. …

Sitoplasma. …

Retikulum endoplasma. …

Badan golgi.

2.Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Perbedaan mendasar ini berdampak kepada karakteristik dua makhluk hidup tersebut, misalnya terkait kemampuan gerak.

Penjelasan:

smiga membantu

Jawaban:

1. Membran sel= disebut juga membran plasma. Fungsinya antara lain melindungi inti sel, pengatur keluar-masuknya molekul-molekul, dan reseptor rangsangan dari luar·         Sitoplasma= Sumber bahan kimia penting bagi sel dan tempat terjadinya reaksi metabolisme.·         Nukleus= Menjadi pusat kontrol sel,pembawa perintah sintesis protein dalam inti DNA, memperbaiki sel yang rusak dalam nukleolus, dan memengaruhi produksi ribosom dan RNA·         Retikulum Endoplasma= alat transportasi zat-zat dalam sel·         Ribosom= tempat sintesis protein·         Mitokondria= respirasi seluler·         Lisosom= penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler·         Badan golgi= ekskresi sel·         Vakuola= menyimpan cadangan makanan·         Sentriol= hanya terdapat dalam sel hewan. Berperan dalam pembelahan sel·         Kloroplas= hanya terdapat pada sel tumbuhan. Berperan dalam proses fotosintetis.

2. sel tumbuhan memiliki dinding sel, sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Perbedaan mendasar ini berdampak kepada karakteristik dua makhluk hidup tersebut, misalnya terkait kemampuan gerak. Tumbuhan hanya mampu membuat gerakan-gerakan kecil dan halus, sedangkan hewan bisa melakukan beragam gerakan dan aktif.

3. Sel hewan bentuknya tidak teratur karena tidak memiliki dinding sel

Sel tumbuhan bentuknya teratur karena memilki dinding sel

Penjelasan:

semoga bermafaat