Jelaskan secara singkat tentang sejarah perkembangan seni rupa murni di daerah setempat

Posted on

Jelaskan secara singkat tentang sejarah perkembangan seni rupa murni di daerah setempat

Gaya corak atau aliran seni rupa sangat beraneka ragam sejalan dengan perkembangan kebudayaan di muka bumi ini. Manusia yang hidup pada jaman yang masih sangat sederhana memiliki ekspresi seni rupa yang sederhana pula. Sedangkan manusia yang hidup pada jaman modern memiliki ekspresi seni rupa yang juga modern. Bahkan manusia yang hidup pada jaman sekarang ini sudah melampaui tahap modern atau sering disebut postmodern.Gaya seni rupa murni yang ada di daerah lebih cenderung tradisional. Hal inidisebabkan oleh keinginan perupanya yang mempertahankan nilai-nilai tradisi daerahnya. Gaya seni rupa tradisional bersifat turun temurun, artinya karya seni rupa dicipta oleh masyarakat tidak mengalami perubahan dari masa ke masa. Gaya seni rupa tradisional dapat dibedakan menjadi dua gaya yaitu, primitive dan klasik.

Primitif

Istilah primitif diambil dari kata primayang berarti pokok atau hal yang mendasar

(sederhana). masyarakat yang budayanya primitif memiliki karya seni rupa dengan ciri-ciri sederhana, baik dari segi bentuk atau warnanya. Di Nusantara kareaya senirupa warga masyarakat Asmat Papua, dapat dikatakan bergaya primitif. Hal ini dapat dilihat dari kesederhanaan bentuk dan warnanya. Begitu juga dengan masyarakat aborigin Austraslia.

2.     Klasik

Klasik mengandung pengertian kuno atau  jaman dahulu kala. Di nusantara, zaman klasik terjadi pada masa Hindu-Budha. Pada masa kini karya seni rupa sudah mengalami perubahan gaya sederhana menjadi rumit dan ornamental. Gaya klasik dipengaruhi oleh budaya India melalui agama Hindu dan Budha.

Semoga membantu. hanya itu yang  saya tahu 😉