Pangkeng berfungsi untuk​

Posted on

Pangkeng berfungsi untuk​

Jawaban Terkonfirmasi

Salah satu ruangan yang ada pada rumah adat suku Betawi adalah pangkeng. Fungsi dari pangkeng adalah digunakan untuk tempat bersantai bagi pemilik rumah yang biasanya dilakukan pada malam hari.

Pembahasan

Rumah adat adalah salah satu bentuk dari keragaman budaya yang ada di Indonesia. Adanya keragaman pada bentuk dari setiap tempat tinggal dari masing-masing suku bangsa ini bisa terjadi karena adanya perbedaan budaya atau adat istiadat dan juga adanya perbedaan pada kondisi geografis yang ada pada masing-masing daerah. Seperti contoh, suku bangsa yang tempat tinggalnya berada pada pinggiran sungai akan memiliki rumah dengan bentuk panggung karena untuk mencegah masuknya air ke dalam rumah.

Rumah Kebaya adalah salah satu contoh dari rumah adat yang dimiliki oleh suku bangsa Betawi. Salah satu ruangan yang ada pada rumah Kebaya ini adalah pangkeng yang biasanya digunakan oleh para pemilik rumah atau keluarga ketika bersantai pada malam hari.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang faktor yang menyebabkan adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia brainly.co.id/tugas/6213339
  2. Materi tentang manfaat dari adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia brainly.co.id/tugas/10098454
  3. Materi tentang masalah yang muncul akibat adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia brainly.co.id/tugas/18498285

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Kode: 5.10.3

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6