Dorongan atau keinginan manusia yang bagaimanakah yang disebut sebagai motif ekonomi?

Posted on

Dorongan atau keinginan manusia yang bagaimanakah yang disebut sebagai motif ekonomi?

– motif mencari keuntungan
– motif berbuat sosial
– motif mendapatkan kekuasaan
– motif memperoleh kekuasaan

Motif ekonomi adalah setiap alasan, dorongan, dan kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif berasal ari kata motive (bahasa inggris) yang mempunyai arti alasan atau penggerak. Setiap alasan akan mendorong manusia dalam melakukan kegiatan, perbuatan atau tindakan. Setiap kegiatan, tindakan maupun perbuatan seseorang didorong oleh suatu keinginan/motif untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh motif dalam ekonomi adalah sebagai berikut:

- Seorang petani tekun dan rajin agar panennya berhasil dengan baik.
- Seorang pemulung bekerja hingga malam, agar penghasilannya bertambah.
- Seorang pengusaha mempromosikan produknya di televisi agar produknya laku.Portugis menjajah Timor-Timur agar dapat menguasai kekayaan alamnya.

Setiap orang memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin yang dapat dilakukannya. Pemenuhan kebutuhan tersebut memerlukan langkah-langkah tindakan. Tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya dapat dikatakan sebagai tindakan ekonomi.

Tindakan yang dilakukan seseorang pasti mempunyai alasan yang jelas atau karena ada dorongan yang kuat untuk melakukan tindakan ekonomi. Alasan yang mendorong seseorang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi dinamakan motif ekonomi. Motif ekonomi adalah usaha atau upaya-upaya yang membuat manusia terdorong untuk melakukan tindakan-tindakan ekonomi.

Tujuan akhir dari motif ekonomi adalah untuk mencapai kemakmuran. Seseorang melakukan tindakan ekonomi ini didorong oleh berbagai alasan yakni sebagai berikut:

Untuk meningkatkan kemakmuran baik dengan adanya dorongan untuk mencari laba maupun dengan adanya suatu prinsip perbaharuan atau innovator.Untuk memperoleh penghargaan dari masyarakat.Untuk memperoleh kekuasaan dalam masyarakat.Ingin melakukan hal yang bersifat sosial.