4 fungsi adaptasi bagi hewan

Posted on

4 fungsi adaptasi bagi hewan

Jawaban Terkonfirmasi

Empat fungsi adaptasi yaitu menghindari diri dari predator misalnya autotomi pada cicak. Mempertahankan kelangsungan hidup dari perubahan lingkungan misalnya hibernasi pada beruang kutub. Memudahkan untuk mencari mangsa misalnya kamuflase pada belalang sembah. Memudahkan untuk mencerna makanan seperti lambung sapi yang mengandung selulase.

Pembahasan

Adaptasi merupakan salah satu cara makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya. Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.  Ada tiga macam adaptasi yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. Berikut ini penjelasan beserta contohnya:

Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian diri pada bentuk tubuh makhluk hidup agar dapat menyesuaikan dengan lingkungannya. Adaptasi morfologi pada hewan maupun pada tumbuhan mudah untuk diamati. Berikut ini contoh adaptasi morfologi pada hewan:

(i) Bentuk kaki pada berbagai jenis burung berbeda-beda, berdasarkan cara hidupnya. Contohnya adalah kaki berselaput yang menghubungkan jari-jari kakinya pada bebek. Kaki bebek yang berselaput tersebut digunakan untuk berenang dan berjalan di tanah yang berlumpur.

(ii) Bentuk paruh pada burung bermacam-macam berdasarkan cara hidup dan jenis makanannya. Contohnya adalah paruh pada burung elang yang besar, kuat, dan pada ujungnya yang runcing untuk merobek dan mengoyak daging mangsanya.

(iii) Kamuflase pada hewan seperti ngengat, burung hantu, dan belalang sembah. Kamuflase merupakan bentuk adaptasi dimana bentuk dan warna tubuhnya mirip lingkungannya yang sifatnya tetap atau tidak berubah-ubah.

Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian makhluk hidup pada fungsi kerja alat-alat tubuh. Contoh adaptasi fisiologi pada hewan dan tumbuhan sebagai berikut:

(i) Pada lambung sapi terdapat enzim selulase yang dihasilkan dari protozoa yang berfungsi untuk mencerna selulosa pada rumput-rumputan.

(ii) Unta yang memiliki kantung air di punuknya sehingga dapat bertahan dari dehidrasi di gurun pasir.

(iii) Ikan yang berada di laut minum banyak air dan mengeluarkan urin sedikit dan pekat daripada ikan yang ada di air tawar.

Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian pada perilaku makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Berikut ini beberapa contoh adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan:

(i) Bunglon melakukan mimikri, yaitu mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungan tempat dia tinggal. Hal ini bertujuan untuk melindungi dirinya dari predator yang mengancam.

(ii) Cumi-cumi mengeluarkan tinta pada saat dia terancam oleh pemangsa. Cumi-cumi juga dapat melakukan mimikri.

(iii) Hibernasi pada beruang kutub untuk mengurangi penggunaan energi dalam tubuh. Hibernasi merupakan perilaku tidur pada hewan yang terjadi pada musim dingin yang panjang.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang pengertian dari mimikri pada brainly.co.id/tugas/3809358.

2. Materi tentang adaptasi serangga pada brainly.co.id/tugas/19684741.

3. Materi tentang adaptasi tumbuhan pada brainly.co.id/tugas/42458935.

———-

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: sains

Bab: Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

Kode: 5.4.3

#JadiRangkingSatu