Dari data percobaan 1 dan 2 serta 4 dan 5 faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah..

Posted on

Dari data percobaan 1 dan 2 serta 4 dan 5 faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah..

Dari data percobaan 1 dan 2 serta 4 dan 5 faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah..

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Laju reaksi adalah kecepatan suatu reaktan untuk diubah menjadi produk yang berlangsung pada proses reaksi kimia. Setiap reaksi kimia akan memiliki laju reaksi yang berbeda karena dipengaruhi beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain konsentrasi zat, suhu, katalis, luas permukaan, dan molaritas serta karakteristik zat.

Berdasarkan tabel yang disajikan, pada percobaan 1 dan 2 memiliki

Persamaan :  jumlah masa (2 gram), bentuk zat A (butiran), konsentrasi zat B (0,2 M) dan suhu (24°C).  

Perbedaan : pada percobaan 1 tidak ada katalis dan waktu reaksi yang dimiliki sebesar 30 detik. Sedangkan pada percobaan 2 memiliki katalis dan waktu reaksi yang dimiliki sebesar 20 detik.

Kesimpulan :  pada percobaan 1 dan 2 yang mempengaruhi laju reaksi yaitu faktor katalis (adanya katalis akan mempercepat laju reaksi (ditandai dengan waktu yang diperlukan semakin sedikit)).

Berdasarkan tabel yang disajikan, pada percobaan 4 dan 5 memiliki

Persamaan :  jumlah masa (2 gram), bentuk zat A (serbuk), suhu (24°C), tidak ada katalis.  

Perbedaan : pada percobaan 4 memiliki konsentrasi zat B sebesar 0,2 M dan waktu reaksi yang dimiliki sebesar 16 detik. Sedangkan pada percobaan 5 memiliki konsentrasi zat B sebesar 0,3 M dan waktu reaksi yang dimiliki sebesar 10 detik.

Kesimpulan : pada percobaan 4 dan 5 yang mempengaruhi laju reaksi yaitu faktor konsentrasi (semakin besar konsentrasi zat akan mempercepat laju reaksi (ditandai dengan waktu yang diperlukan semakin sedikit)).

Maka jawabannya adalah B. Katalis dan konsentrasi

Penjelasan:

Laju reaksi adalah kecepatan suatu reaktan untuk diubah menjadi produk yang berlangsung pada proses reaksi kimia. Setiap reaksi kimia akan memiliki laju reaksi yang berbeda karena dipengaruhi beberapa faktor. Contohnya proses berkaratnya besi akan berlangsung lebin lama dibandingkan dengan proses larutnya gula dalam air. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi tersebut antara lain :

  1. Konsentrasi zat : Semakin tinggi konsentrasi, jumlah molekul reaktan akan semakin banyak sehingga tumbukan antar partikel menjadi semakin banyak dan membuat kecepatan reaksi meningkat (laju reaksi semakin cepat).
  2. Suhu : Jika dalam suatu reaksi kimia suhu dinaikkan, maka membuat partikel di dalamnya semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan antar partikel yang terjadi akan semakin sering, laju reaksi menjadi semakin besar. Sebaliknya, jika dalam suatu reaksi kimia suhu diturunkan, maka membuat suatu partikel menjadi tidak aktif, sehingga membuat laju reaksi semakin kecil. Umumnya, setiap kenaikan 10°C akan menaikkan kecepatan reaksi 2-3 kali lipat.
  3. Katalis : Katalis merupakan suatu zat yang dapat mempercepat laju reaksi kimia tanpa mengalami suatu perubahan zat itu sendiri (dapat berperan dalam reaksi namun tidak menjadi pereaksi atau produk). Katalis dapat menjadikan reaksi berlangsung lebih cepat dan menurunkan energi aktivasi.
  4. Luas permukaan : Semakin besar luas permukaan bidang sentuh, maka akan semakin banyak tumbukan antar partikel, sehingga laju reaksi akan menjadi semakin besar. Sebaliknya semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, maka akan semakin sedikit tumbukan antar partikel, sehingga laju reaksi berlangsung lambat.
  5. Molaritas :  Molaritas adalah jumlah mol zat yang terlarut dengan satuan volum zat pelarut. Semakin besar molaritas dalam suatu zat, maka akan semakin cepat laju reaksinya. Sebaliknya semakin kecil molaritas dalam suatu zat, maka laju reaksi yang berlangsung akan semakin lambat.
  6. Karakteristik zat : Semakin halus zat, maka membuat semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk suatu reaksi. Tetapi jika semakin kasar zat, semakin lama waktu yang dibutuhkan pada reaksi (laju reaksi lambat). Contohnya zat berkentuk serbuk akan lebih cepat laju reaksinya dibandingkan dengan zat dalam bentuk butiran dalam jumlah masa yang sama.

Detil Jawaban

Kelas : 11

Mapel : Kimia

Bab : Laju reaksi

Kode :  11.7.3