Jelaskan perbedaan simbol warna dalam sebuah peta

Posted on

Jelaskan perbedaan simbol warna dalam sebuah peta

Simbol termasuk salah satu unsur penting dalam peta. Adanya simbol dapat mempermudah kita untuk membaca dan memahami peta.

Simbol dalam peta harus dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya di atas permukaan bumi. Contohnya simbol gunung dalam peta dibuat segitiga, karena bentuknya yang menyerupai segitiga.

Menurut Westi Utami dan Ig. Indardi dalam diktat yang berjudul Kartografi (2019), simbol pada peta digunakan untuk menggantikan keadaan sebenarnya pada suatu area.

Contohnya kita tidak mungkin menggambar bentuk nyata gunung dalam sebuah peta, sebagai gantinya dibuatlah simbol segitiga untuk menggambarkannya.

Ada empat jenis simbol dalam peta, yakni:

Simbol titik

Digunakan untuk menyatakan sebuah tempat atau area yang tergolong sempit. Contohnya simbol segitiga untuk gunung, simbol pesawat terbang untuk bandar udara, simbol sendok garpu untuk rumah makan, simbol kereta untuk stasiun, dan lain-lain.

Simbol garis

Digunakan untuk menyatakan sebuah area yang memanjang. Contohnya sungai, jalan raya, jalur kereta api, sungai, dan lain-lain.

Simbol area atau wilayah

Digunakan untuk menyatakan sebuah tempat atau area yang luas. Contohnya perkebunan, hutan, sawah, padang pasir, dan lain-lain.

Simbol warna

Digunakan agar pembaca lebih memahami makna peta. Contohnya pemberian warna hitam pada simbol segitiga untuk melambangkan gunung yang tidak aktif.

Jawaban:

simbol warna pada peta menggambarkan mengenai ketinggian tempat, misalnya warna kuning / coklat artinya dataran tinggi, warna hijau artinya dataran rendah, dan warna biru artinya wilayah laut.

semoga membantu