Sebutkan bentuk-bentuk latihan kekuatan

Posted on

Sebutkan bentuk-bentuk latihan kekuatan

Jawaban Terkonfirmasi

Jenis olah raga latihan kekuatan fisik :

  1. Push up
  2. Sit up
  3. Plank
  4. Squat
  5. Sit up
  6. Pull up
  7. Lari cooper
  8. Shuttle run

Penjelasan:

Push up

Menumpukkan beban tubuh pada lengan dalam push up membantu mengencangkan otot lengan, mengecilkan perut, dan membakar kalori. Letakkan tangan dengan posisi terbuka selebar bahu. Kaki bertumpu pada ujung jari, hingga tubuh lurus sempurna, jangan sampai bagian bokong menonjol ke atas. Turunkan bahu sampai siku membentuk sudut 90 derajat, kemudian kembali ke posisi awal dengan mendorong bahu hingga lengan lurus kembali.

Sit up

Sit up akan membantu memperbaiki postur tubuh dan memperindah bentuk perut. Posisikan dirimu telentang, tekuk lutut dan renggangkan kaki selebar pinggul. Tempatkan tangan di belakang kepala dan menempel ke leher. Tekuk pinggul dan pinggang, sehingga tubuh terangkat sampai beberapa senti dari paha, lalu kembali ke posisi semula.

Plank  

Lakukan plank untuk melatih otot-otot inti tubuh seperti perut serta melatih tulang belakang. Posisikan tubuh seperti akan push up dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu, sementara kaki sejajar dengan pinggul. Katupkan kedua tangan. Kontraksikan otot-otot perut untuk menahan beban tubuh lalu tahan selama 20 detik. Selingi dengan  istirahat.

Squat

Squat untuk melatih punggung, perut serta paha. Lakukan dengan tempo 2:1:2 — dua detik tahan di posisi bawah, satu detik naik ke atas, dua detik tahan di posisi bawah. Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Turunkan tubuh dengan mendorong punggung ke belakang, busungkan dada dan tetap tegak, luruskan lengan ke depan atau silangkan untuk menjaga keseimbangan. Angkat lagi ke posisi awal. Lalu turunkan lagi dan seterusnya.

Sit up

Dianggap sebagai setengah sit up, latihan crunches juga menargetkan ke area perut. Berbaringlah di lantai, kaki selebar bahu dan rata di lantai, lutut ditekuk. Letakkan lengan di sisi tubuh, diletakkan di telinga, atau disilangkan di dada. Angkat kepala dan bahu untuk merasakan otot perut berkontraksi. Kembali ke posisi awal dan atur napas.

Pull up

Latihan pull up dilakukan untuk menilai kekuatan otot tangan. Pegang tiang horizontal dalam posisi tangan lurus ke atas, sampai badan menggantung. Angkat badan sampai dagu melewati tiang dan turun kembali sampai tangan lurus. Ketika turun ke bawah, usahakan kaki tetap lurus dan nggak mengayun.

Lari cooper

Lari cooper atau lari sejauh mungkin selama 12 menit. Umumnya, cowok bisa melakukan 7-8 putaran lapangan sepak bola sedang cewek 5 putaran. Lari cooper bertujuan untuk mengukur beban fisik seseorang mulai dari daya tahan otot, daya tahan jantung, pernapasan serta peredaran darah. Sebaiknya lari cooper dilakukan dengan kecepatan stabil.

Shuttle run

Jenis lari lainnya yang bisa dipraktikkan adalah shuttle run, lari bolak-balik antara dua batas berupa tiang yang berjarak 10 meter. Setiap kali sampai di batas seberang, kamu harus memutari tiang, sehingga jalur lari membentuk angka 8. Satu kali shuttle run dilakukan sebanyak 3 kali. Latihan lari ini bertujuan untuk menguatkan kaki dan melatih kesigapan. Jika ingin melakukan latihan ini, pastikan menggunakan sepatu olahraga yang nggak licin agar nggak tergelincir.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Apakah keuntungan latihan fisik secara teratur : brainly.co.id/tugas/2140807
  2. Dampak positif latihan fisik : brainly.co.id/tugas/3116541
  3. Sebutkan tiga manfaat melakukan latihan fisik secara teratur : brainly.co.id/tugas/5567152

—————————————

Detail Jawaban

Kelas : IX

Mapel : Penjaskes

Bab : 6

Kode Soal : 9.22.6

Kata Kunci : latihan fisik, push up, pull up