Kelompok utara adalah kelompok kerja sama untuk negara – negara ?

Posted on

Kelompok utara adalah kelompok kerja sama untuk negara – negara ?

Kelompok selatan (Kelompok 77) adalah kelompok Negara yang pada umumnya terletak dibelahan bumi bagian selatan, mata pencaharian utamanya adalah petani, pada umumnya mereka memiliki tingkat kemakmuran yang masih rendah serta serta terdiri dari negara yang baru merdeka dari Negara utara. Sedangkan kelompok Utara adalah kelompok Negara yang sebagian besar terletak di belahan bumi utara, mata pencaharian utamanya adalah industry dan perdagangan, pada umumnya mereka memiliki tingkat kemakmuran yang cukup dan sekaligus merupakan Negara bekas penjajah.

Untuk menghindar kesenjangan ekonomi yang semakin melebar antara kelompok Utara dan kelompok Selatan sebagai akibat negative dari perang ekonomi antar anggota kelompok Utara, terutama tiga pelakunya yaitu Jepang, Amerika Serikat, dan European Economic Community (EEC) maka pada tanggal 16-19 Desember 1975, dilaksanakan dialog kelompok Utara dan kelompok Selatan di Paris yang dihadiri oleh 27 negara, yaitu:

a) Delapan Negara industry yang diwakili oleh masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community/ EEC), Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Swiss, Australia, Swedia, dan Spanyol.

b) Tujuh Negara OPEC (Organisasi Negara penghasil dan pengekspor minyak bumi) yang diwakili oleh Arab Saudi, Venezuela, Mexico, Iran, Irak, Aljazair, dan Nigeria.

c) Dua belas negara berkembang yang mewakili kelompok 77, yaitu: Indonesia, Argentina, Brazil, Peru, Jamaika, Mesir, Zambia, Zaire, Kamerun, Yugoslavia, India, dan Pakistan.

Dialog Kelompok Utara dan Kelompok Selatan tidak banyak kemajuan, hal ini disebabkan kelompok Utara tetap ingin mempertahankan kedudukannya yang sudah maju, walaupun sangat disadari bahwa perbedaan kesenjangan ekonomi yang menyolok bisa menimbulkan peperangan.

maaf jawabannya gak sesuai