Sebelum mengevaluasi tokoh dalam pementasan drama terlebih dahulu kita

Posted on

Sebelum mengevaluasi tokoh dalam pementasan drama terlebih dahulu kita

Jawaban Terkonfirmasi

Sebelum mengevaluasi tokoh dalam pementasan drama terlebih dahulu kitta mengamati ekspresi dan gerak tubuh, artikulasi, intonasi, keluwesan dan ketepatan karakter yang diperankan, serta penghayatan terhadap isi naskah.

Pembahasan

Mengevaluasi pemeran tokoh berarti memberikan apresiasi dan penilaian mengenai pemeranan. Evaluasi terhadap pemeranan berkaitan dengan karakter, penjiwaan, ekspresi, suara dan kemampuan aktingnya. Perilaku tokoh berkaitan dengan perwatakannya yang harus konsisten dari awal hingga akhir drama dan menjalin pertikaian yang berkembang mencapai klimaks.

Penokohan harus memiliki watak yang kuat satu sama lain, sehingga mampu menghidupkan cerita dalam drama. Watak para tokoh digambarkan dalam 3 dimensi berdasarkan keadaan fisik, psikis dan sosiologis.

Beberapa hal yang  perlu diperhatikan dalam pemeranan tokoh yaitu :

  1. Pelafalan, yaitu menekankan kejelasan lafal atau ucapan-ucapan dalam dialog
  2. Intonasi, yaitu berkaitan dnegan nada dialog, penekanan dialog terhadap kata-kata yang dianggap penting, dan pembedaan nada bentuk dialog pertanyaan, seruan, perintah, permohonan.
  3. Mimik, yaitu berkaitan dengan ekspresi raut muka yang menampakkan karakter, misalnya gembira, sedih, takut.
  4. Kinestik, yaitu menekankan dialog yang berupa bisikan, dialog dengan penonton, dialog dengan muatan tema atau karakter tertentu.
  5. Penghayatan, yaitu meliputi kedalaman pemaknaan terhadap isi dialog, karakter tokoh dan karakter keadaan atau situasi (susah, senang)

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang keberhasilan pemeranan tokoh : brainly.co.id/tugas/4577096

Detil Jawaban

Kelas : IX (SMP)

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Drama

Kode : 9.1.10

Kata Kunci : Drama