Mengapa sunan malik ibrahim mudah diterima masyarakat?

Posted on

Mengapa sunan malik ibrahim mudah diterima masyarakat?

Jawaban:

Ajaran Islam yang dibawa Maulana Malik Ibrahim, lebih bisa diterima karena agama Hindu yang dianut sebagian besar penduduk saat itu masih menerapkan sistem kasta dengan ketat. Masyarakat yang mempunyai kasta bawah lebih bisa menerima ajaran Islam yang tidak membeda-bedakan kedudukan sosial masyarakat. Ada tiga metode Malik Ibrahim untuk bisa berbaur dengan masyarakat. Metode itu adalah berdagang, pengobatan, dan bercocok tanam.

Penjelasan:

1. Metode Berdagang

Malik Ibraham sebenarnya adalah seorang pedagang cukup berada. Setiba di Gresik, Malik Ibraham membuka warung di Desa Roomo. Warung itu menjual makanan dan kebutuhan pokok warga dengan harga murah. Tak heran dalam waktu singkat warung itu selalu kebanjiran pengunjung.

2. Metode Pengobatan

Setelah warung, Malik Ibrahim membuka praktik pengobatan gratis. Karena gratis, banyak yang sakit datang ke praktik tersebut. Selain memberi obat, diajarkan juga doa-doa saat meminum obat tersebut. Itu adalah upaya untuk mengenalkan bacaan doa ke masyarakat.

3. Metode Bercocok Tanam

Malik Ibrahim mengajarkan sistem bertani yang lebih maju kepada penduduk. Selain cara bercocok tanam yang benar, Malik Ibrahim juga mengenalkan sistem irigasi yang mengalirkan air dari gunung menuju lahan pertanian penduduk.