Apa fungsi utama kemasan

Posted on

Apa fungsi utama kemasan

Fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi isi/makanan dari benturan, cuaca, dan mikroorganism.

Pembahasan:

Kemasan adalah tahap akhir dari suatu produksi dengan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha pengolahan makanan. Makanan dengan penampilan yang menarik akan menggugah selera, kemasan akan menjadi daya tarik konsumen untuk membeli dan memakannya.

Pengemasan makanan adalah cara untuk menyuguhkan makanan kepada orang untuk diperjualbelikan, yang telah ditata berdasarkan komposisi warna, tekstur/bentuk, rasa, aroma, dan alat/kemasan sajian makanan. Tujuan utama dari pengemasan antara lain yaitu:

  • Melindungi isi/makanan dari benturan, cuaca, dan mikroorganism dengan pemilihan material untuk kemasan yang tepat serta desain bentuk dan struktur yang baik.
  • Menjadi daya tarik dan pembeda dari berbagai jenis dan merk makanan.
  • Sebagai tempat informasi mengenai makanan tersebut. Misalnya nama dan merk makanan, isi makanan, berat, kandungan bahan dan nutrisi, tanggal kadaluarsa, produsen, kode produksi, dan keterangan khusus harus jelas.

Jenis Kemasan =

  1. Kemasan Primer, yaitu kemasan yang melekat dan mengalami kontak langsung dengan produk. Ukurannya relatif kecil dan biasa disebut sebagai kemasan eceran. Contoh: Kantong plastik, gelas plastik, dan Cup kaleng.
  2. Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang diperlukan untuk melindungi kemasan primer. Kemasan ini tidak kontak langsung dengan produk yang dikemas. Kemasan ini dapat dimanfaatkan untuk memajang produk. Contoh: Kemasan karton, dan Kemasan krat
  3. Kemasan Tersier, yaitu kemasan yang digunakan untuk memudahkan distribusinya suatu produk. Contoh: Kontainer, dan kotak karton gelombang.

Pelajari Lebih Lanjut:

Pengertian Kemasan =

Jenis Jenis Kemasan =

Fungsi Lain Kemasan =

Detail Jawaban:

  • Kelas = 9 SMP
  • Mapel = Wirausaha
  • Materi = Pengolahan Hasil Peternakan dan Perikanan
  • Kode = 9.23

Kata Kunci = Fungsi, Kemasan, Produk, Primer, Sekunder, Tersier, Pengemasan, Utama

Gambar Jawaban