Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia​

Posted on

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia​

Jawaban Terkonfirmasi

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah sebagai berikut:

1)  Keturunan

2) Jenis kelamin

3) Hormon

4) Nutrisi

5) Aktivitas fisik

6) Pendidikan

7) Lingkungan

Pembahasan:

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk awal) dan proses pertumbuhan tersebut dapat dinyatakan secara kuantitatif. Saat pertumbuhan terjadi pada makhluk hidup, maka makhluk hidup tersebut akan mengalami perubahan secara fisik seperti perubahan bentuk tubuh dari kecil menjadi besar. Perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif. Perkembangan pada makhluk hidup akan muncul secara alamiah dan memiliki perubahan dari yang bersifat tidak ada menjadi ada yang menandakan bahwa makhluk hidup tersebut sudah lebih dewasa. Contoh perkembangan adalah terjadinya masa pubertas pada manusia.

Beberapa contoh pertumbuhan yang terjadi pada manusia adalah sebagai berikut:

  1. Tumbuhnya rambut pada bayi.
  2. Tumbuhnya rambut berwarna putih pada usia lansia.
  3. Pertumbuhan manusia yang ditandai dengan bertambahnya tinggi seseorang.
  4. Pertumbuhan manusia yang ditandai dengan perubahan berat badan.

Beberapa contoh perkembangan yang terjadi pada manusia adalah sebagai berikut:

  1. Pubertas pada manusia.
  2. Kematangan organ reproduksi.
  3. Peningkatan fungsi tubuh.
  4. Perubahan pola pikir.
  5. Perubahan sikap dan perilaku.

Faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia adalah sebagai berikut:

  1. Keturunan. Faktor keturunan biasanya dibawa oleh gen dari kedua orangtua, seperti tinggi badan, berat badan, struktur tubuh, tekstur rambut, kecerdasan, bakat yang dimiliki oleh seseorang.
  2. Jenis kelamin. Perkembangan pada perempuan untuk menjadi lebih dewasa biasanya lebih cepat daripada perkembangan pada laki – laki.
  3. Hormon. Jumlah hormon yang diproduksi dalam tubuh seseorang berbeda – beda. Jika hormon yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan tubuh maka fungsi tubuh akan berjalan dengan normal, tetapi jika hormon yang diproduksi tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh maka fungsi tubuh akan terhambat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik seperti albino.
  4. Nutrisi. Kandungan gizi yang diperoleh seseorang harus memenuhi syarat makanan 4 sehat 5 sempurna agar asupan nutrisi yang diperoleh seimbang.
  5. Aktivitas fisik. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadikan tubuh semakin sehat.
  6. Pendidikan. Pendidikan yang baik akan memberikan dampak positif. Pendidikan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat atau sekolah. Pendidikan di lingkungan keluarga seperti saling menghormati antar anggota keluarga, berbicara sopan kepada yang lebih tua dan lain – lain.
  7. Lingkungan. Seseorang dapat mempelajari sesuatu dari lingkungan tempat tinggalnya. Jika seseorang tinggal di lingkungan yang bersih dan mengutamakan nilai serta norma dalam pancasila maka lingkungan tersebut akan menghasilkan orang – orang yang berakhlak baik sedangkan jika seseorang tinggal di lingkungan yang kumuh dan kurang memahami nilai serta norma dalam pancasila maka lingkungan tersebut akan menghasilkan orang – orang yang tidak berakhlak baik.

Pelajari Lebih Lanjut:

1.  Materi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan manusia brainly.co.id/tugas/931068

2. Materi contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia brainly.co.id/tugas/2930779

3. Materi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia brainly.co.id/tugas/30875212

===========================

Detail Jawaban:

Kelas  :  7

Mapel :  Biologi

Bab     :  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Kode   :  

#TingkatkanPrestasimu