Nama orang orang pendiri asean

Posted on

Nama orang orang pendiri asean

Indonesia = Adam Malik
Filipina = Narsisco Ramos
Thailand = Thanat Khoman
Malaysia = Tun Abdul Razak
Singapura = Rajaratnam

Adam Malik dari Indonesia
Adam Malik Batubara (lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917– meninggal di Bandung, Jawa Barat, 5 September 1984 pada umur 67 tahun) adalah mantan Menteri Indonesia pada beberapa Departemen, antara lain ia pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri. Ia juga pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia yang ketiga. Adam Malik ditetapkan sebagai salah seorang Pahlawan Nasoinal Indonesia pada tanggal 6 November 1998 berdasarkan Keppres Nomor 107/TK/1998. Salah satu kontribusinya yang paling berpengaruh kala itu adalah menjadi perwakilan Negera Indonesia dalam deklarasi bangkok yang menjadi cikal bakal berdirinya negara ASEAN.

Tun Abdul Razak dari Malaysia
Tun Abdul Razak (lahir di Pulau Keladi, Pekan, Pahang, Malaysia, 11 Maret 1922– meninggal di London, Inggris, 14 Januari 1976 pada umur 53 tahun) adalah Perdana Menteri Malaysia ke-2, mulai tahun 1970 hingga 1976, menggantikan Tunku Abdul Rahman. Tun Abdul Razak merupakan salah satu tokoh yang dikenal sebagai pendiri Malaysia. Selain itu, ia merupakan penggagas Dasar Ekonomi Baru. Salah satu jasanya yang paling berpengaruh adalah menjadi perwakilan Negara Malaysia dalam deklarasi bangkok yang mengahasilkan berdirinya negara ASEAN.

Thanat Khoman dari Thailand
Thanat Khoman lahir 9 February 1914 di bangkok, Thailand. Ia adalah perwakilan dari Negara Thailand saat deklarasi Bangkok yang mengasilkan negara ASEAN. Mantan Menteri luar negeri Thailand ini merupakan tokoh penting dalam mediasi antara Malaysia dan Indonesia. Sebagai bentuk penghormatan kepada Thanat Koman terhadap peran aktif dalam berdirinya ASEAN, Bangkok dipilih sebagai tempat pembentukan organisasi se-Asia Tenggara ini.

S. Rajaratnam dari Singapura
S. Rajaratman lahir pada 25 Februari 1915 di Jaffna, Sri Lanka. S. Rajaratnam merupakan tokoh Singapura yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada tahun 1965-1980. Ia adalah seorang politikus Singapura yang handal. Hal itu bisa dilihat dari jam terbangnya yang cukup banyak seperti menjadi wakil negara Singapura dalam deklarasi bangkok yang menjadi cikal bakal berdirinya negara ASEAN.

Narsisco Ramos dari Filipina
Narsisco Ramos lahir pada 11 November 1900 di Pengasinan, Filipina. meninggal di Manila, 3 Februari 1986 pada umur 85 tahun) adalah seorang diplomat, mantan politikus Filipina (pernah menjadi anggota legislatif selama 5 periode), mantan pengacara dan wartawan. Salah satu jasanya yang patut dikenang hingga saat ini adalah salah satu founder berdirinya negara ASEAN kala mewakili Filipina dalam deklarasi Bangkok Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 yang menjadi cikal bakal berdirinya negara-negara ASEAN.