salah satu jenis gas rumah kaca berikut yang diemisikan dari pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan sumber energi batu bara adalah​

Posted on

salah satu jenis gas rumah kaca berikut yang diemisikan dari pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan sumber energi batu bara adalah​

Jawaban Terkonfirmasi

Salah satu jenis gas rumah kaca berikut yang diemisikan dari pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan sumber energi batu bara adalah karbondioksida (CO2) walaupun masih ada beberapa gas lainnya sepertinya uap air, nitrogen dioksida, nitrogen, sulfur dioksida dan abu ringan dari pembakaran.

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati.

Pembangkit listrik tenaga uap merupakan salah satu pembangkit listrik yang memanfaatkan batu bara sebagai bahan bakarnya dan sumber batu bara ini berasal dari fosil-fosil yang sudah tertimbun jutaan lalu. Salah satu bahan bakar yang banyak mengandung karbon adalah batubara. Karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari pembakaran ini akan dilepaskan ke atmosfer bumi. Adapun hal-hal yang penting yang perlu kita ketahui mengenai karbondioksida yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga uap antar lain:

• Bahan bakar batubara ini digunakan secara terus menerus dalam skala besar sebagai penghasil sumber energi listrik di bumi. Maka sejak tahun 1900 di bumi sudah banyak proses pembakaran bahan bakar batubara sehingga semakin tahun jumlah karbondioksida yang dihasilkan semakin banyak menumpuk di atmosfer.

• Karbondioksida yang berlebih akan menyebabkan masalah polusi dan perubahan iklim yang ekstrim.

• Untuk mengurangi pembuangan karbondioksida yang dihasilkan dari pembakaran dalam pembangkit listrik ini maka diperlukan upaya untuk beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

• Selain karbondioksida dari pembangkit ini juga menghasilkan uap air, nitrogen dioksida, nitrogen, sulfur dioksida dan abu ringan dari pembakaran.

• Abu padat yang dihasilkan akan menjadi limbah namun dapat dimanfaat manusia sebagai bahan untuk membuat bangunan.

Jadi dari pembahasan di atas bahwa karbondioksida mendominasi hasil gas yang ditimbulkan dari pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan bahan bakar batubara karena batubara berasal dari fosil-fosil yang tertimbun jutaan tahun lalu.

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Gas utama rumah kaca

brainly.co.id/tugas/2573433

2. Peristiwa pengeluaran gas karbondioksida ini menunjukan adanya keterkaitan antara

brainly.co.id/tugas/26701198

3. Berbagai aktivitas manusia, akan menyumbangkan CO2 ke atmosfer dalam jumlah yang banyak dapat mempercepat peningkatan temperatur inilah yang disebut dengan pemanasan global.aktivitas tersebut,kecuali

brainly.co.id/tugas/22020264

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel: biologi

Bab: Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kode: 7.4.2009

Kata Kunci: pembangkit listrik, pencemaran, gas karbondioksisa, efek rumah kaca, global warming

#AyoBelajar

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban