Manfaat bio teknologi dalam bidang kesehatan

Posted on

Manfaat bio teknologi dalam bidang kesehatan

Bioteknologi adalah suatu bidang penerapan biosains dan teknologi yang menyangkut penerapan praktis organisme hidup atau komponen subselulernya pada industri jasa dan manufaktur serta pengelolaan lingkungan. Bioteknologi memanfaatkan bakteri, ragi, kapang, alga, sel tumbuhan atau sel jaringan hewan yang dibiakkan sebagai konstituen berbagai proses industri.

Industri kesehatan adalah industri yang pertama kali mengecap keuntungan dari bioteknologi ini. Dimulai dari keberhasilan para ahli membuat hormon insulin yang diproduksi oleh kapang roti Sacharomyces cerevisae, kini banyak sekali obat, hormon, enzim, dan vaksin yang diproduksi besar-besaran dengan teknologi bioteknologi.

Secara ringkasnya bioteknologi, begitu penting dalam perkembangan dunia medis. Banyak manfaat yang dapat diberikan oleh bioteknologi untuk kesehatan, di antaranya dapat mengembangkan metode yang lebih murah dan efektif dalam menyediakan interferon murni bagi penelitian dan akhirnya untuk penggunaan luas dibidang pengobatan bioteknologi menyumbang metode mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus.