Latar belakang dibentuknya organisasi saarc

Posted on

Latar belakang dibentuknya organisasi saarc

Jawaban Terkonfirmasi

Latar belakang dibentuknya organisasi SAARC adalah:

  • Presiden Bangladesh yang bernama Ziaur Rahman mengajukan sebuah blok perdagangan yang terdiri dari negara-negara yang berkawasan di Asia Selatan.
  • Adanya kesamaan dijajah oleh bangsa lain atau persamaan sejarah dijajah
  • Banyaknya negara kawasan lain yang memiliki organisasi regional. Salah satunya adalah ASEAN. Sehingga dengan adanya SAARC, maka akan menjadikan adanya organisasi regional di Asia Selatan

Pembahasan

Negara-negara Anggota SAARC (Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan) – SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan adalah sebuah organisasi kerjasama regional yang terdiri dari 8 negara di Asia Selatan. 8 Negara Asia Selatan yaitu Afganistan, India, Pakistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Maladewa dan Sri Lanka menandatangani Piagam Pendirian SAARC di kota Dhaka (Ibukota Bangladesh) pada tanggal 8 Desember 1985. Kantor Sekretariatnya di kota Kathmandu, Nepal.

Tujuan utama didirikannya SAARC adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Asia Selatan serta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pembangunan budaya di wilayah Asia Selatan, memberikan kesempatan kepada semua individu untuk hidup bermartabat dan mewujudkan potensi mereka, meningkatkan dan memperkuat kemandirian kolektif di antara negara-negara Asia Selatan serta bekerjasama di bidang ekonomi, sosial budaya, teknis dan ilmiah.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Sebutkan tujuan SAARC  brainly.co.id/tugas/13056092

========================

Detil Jawaban

Kode          : 12.3.1

Kelas          : 12 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Organiasasi Internasional