1.apa perbedaan tahun masehi dan tahun hijrah?

Posted on

2.tuliskan nama nama bulan dalam tahun masehi dan hijrah
3.mengapa pada tahun kabisat jumlah hari dalam setahun 366 hari?
4 satu tahun hijrah berjumlah 354 hari dengan jumlah bulan sebanyak 12 bulan

-Jonas lahir pada 2008 tahun tersebut merupakan tahun kasibat

-penanggalan masehi di dasarkan pada revolusi matahari

-kala revolusi bulan merupakan dasar penanggalan komariah
benar/salah dan alasannya​

1.apa perbedaan tahun masehi dan tahun hijrah?

Jawaban:

apa perbedaan tahun masehi dan tahun hijriyah Kalender Hijriah berpedoman pada perhitungan tanggal berdasarkan pergerakan bulan terhadap bumi. Sedangkan untuk kalender Masehi perhitungan tanggalnya mengikuti pergerakan matahari terhadap bumi. Berbeda dengan kalender Hijriah yang hanya mencapai 29-30 hari dalam satu bulan.

tuliskan nama nama bulan dalam tahun masehi dan hijriyah muharram, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil awal,jumadil akhir, rajab, syaban

mengapa pada tahun kabisat jumlah hari dalam setahun 366 hari Jika tahun biasa hanya memiliki 365 hari, tahun kabisat memiliki tambahan satu hari, yaitu menjadi 366 hari. hal ini terjadi karena mengikuti durasi waktu saat bumi mengelilingi bumi tidak tepat satu tahun, melainkan butuh waktu 365 hari 5 jam, 48 menit, dan 46 detik.

satu tahun hijriah berjumlah 354 hari dengan jymlah bulan sebanyak 12 bulan peredaran bulan mengelilingi bumi atau revolusi bulan. Bulan mengelilingi bumi dalam satu bulan yaitu membutuhkan waktu selama 29,5 hari atau 29 1/2 hari. Dalam satu tahun ada 12 bulan, maka jumlah hari dalam 1 tahun (29,5 X 12 = 354 hari).

jonas lahir pada 2008 tahun tersebut merupakan tuhan kabisat karena 2008 adalah tahun kabisat

karena bisa dibagi 4 dan habis dibagi 4

rumus mencari tahun kabisat= habis dibagi 4

penanggalan masehi di dasarkan pada revolusi matahari Kalender Masehi didasarkan atas peredaran Bumi mengelilingi Matahari dari satu titik tertentu yang disebut solstis atau equinox kembali ke titik itu. Lama perjalanan Bumi mengelilingi Matahari 365,2422 hari—disebut satu tahun tropis, dibulatkan menjadi 365 hari atau 366 hari untuk tahun kabisat.

kata revolusi bulan merupakan dasar penanggalan komariah berikan penjelasan nya iya, Penjelasan: kala revolusi bulan digunakan untuk dasarnya penanggalan Komariah/hijriah