Masalah batas antara indonesia dan vietnam?

Posted on

Masalah batas antara indonesia dan vietnam?

Jawaban:

Apa kasus terbaru yang terjadi?

Dua kapal pengawas milik pemerintah Vietnam dilaporkan menabrak lambung kapal TNI AL KRI Tjiptadi-381 di Laut Natuna Utara (29/04), wilayah yang diakui Indonesia sebagai ZEE Indonesia.

Menurut keterangan TNI AL, kapal Indonesia ditabrak saat mencoba menghalau kapal ikan berbedera Vietnam yang diduga tengah mengambil ikan di perairan itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan pemerintah Indonesia sudah menyampaikan protes kepada pemerintah Vietnam atas penyerempetan kapal itu secara resmi. "Kementerian Luar Negeri menunggu laporan lengkap dari Panglima TNI terkait kejadian tersebut, yang akan menjadi dasar bagi Pemerintah Indonesia untuk menindaklanjuti masalah ini dengan Pemerintah Vietnam," ujar Arrmanatha.

Tak sampai di situ, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan pemerintah akan menenggelamkan 51 Kapal Ikan Asing (KIA), yang paling banyak berasal dari Vietnam (04/05).

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kementerian itu telah menangkap 15 kapal Vietnam dan 14 kapal Malaysia di perairan Indonesia sejak awal tahun ini.

Apa itu ZEE?

ZEE adalah laut lepas dimana sebuah negara mempunyai hak berdaulat (sovereign right) atas sumber daya alam yang ada di dalam laut itu.

Menurut Konvensi Hukum Laut Internasional, di wilayah perairan ini, negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi, konservasi dan pengelolaan sumberdaya alam hayati maupun non hayati.