Nilai semangat/ teladan pada hos cokroaminoto (3)

Posted on

Nilai semangat/ teladan pada hos cokroaminoto (3)

Jawaban Terkonfirmasi

Hos Cokroaminoto adalah seseorang yang memimpin Sarekat Islam sejak tahun 1914 sampai hingga wafatnya dan juga menjadi guru bagi sosok-soso penting seperti Sukarno, Semaoen, atau Kartosoewirdjo. Nilai-nilai atau keteladanan yang dapat kita contoh dari Hos Cokroaminoto adalah keislamannya, Solutif, Dermawan, Cinta tanah air, Visioner, dan Tegas.

Pembahasan

  1. KeIslamanya : Hos Tjokroaminoto salah satu penggerak Serikat Islam, maka keIslamanya dimungkinkan memiliki kualitas iman yang baik. Dan Islam menjadi pedoman hidup oleh Tjokroaminoto.
  2. Solutif : Tjokroaminoto adalah pemimpin, yang sering memberi solusi tentang suatu permsalahan dengan pandangan yang adil menurut kebutuhan dan dasar negara, dan juga menurut pandangan islam  
  3. Dermawan : Pemimpin yang mencintai keluarga, tanah air, dan baik kepada masyarakat.
  4. Cintah tanah air : 'Kita cinta tanah air, tempat kita dilahirkan, kita cinta pemerintah yang melindungi kita.' Beberapa kalimat dari pidato Tjokroaminoto.  
  5. Visioner : Pemimpin yang melihat jauh kedepan, sehingga memiliki pemikiran, rencana-rencana untuk bangsa kedepan.
  6. Tegas : 'Karena itu, kita tidak takut untuk meminta perhatian atas segala sesuatu yang kitaanggap baik, dan menurut apa saja yang dapat memperbaiki bangsa kita'. Kalimat pidato ini membuktikan bahwa Tjokroaminoto adalah orang tegas untuk kemajuan bangsa.  

Pelajari lebih lanjut

1. Perilaku yang wajib diteladani oleh organisasi Budi Utomo, HOS. Cokroaminoto dan Haji Samanhudi, Tiga Serangkai, Tri Koro Darmo, KH Ahmad Dahlan. brainly.co.id/tugas/8095771

———————————————————–

Detil jawaban

Kelas: 4

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: Bab 6 – Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme

Kode: 4.10.6

#JadiRangkingSatu